Happy Time

Kesan Bermain Orwell

Saya bukan tipikal orang yang menyukai game-game simulasi, tapi beberapa game simulasi memang terlalu bagus untuk tidak dimainkan dan salah satunya adalah Orwell. Game ini mengambil tema yang sebenarnya cukup sensitif tapi di sisi lain menjadi perhatian banyak orang, yaitu tentang pemerintah yang memantau seluruh aktivitas warganya atau bahasa kerennya, “Mass surveillance“.

Nama Orwell sendiri kemungkinan diambil dari George Orwell, nama pena dari Eric Arthur Blair yang mengarang novel berjudul “Nineteen Eighty-Four” dimana di dalamnya terdapat karakter Big Brother dengan slogan “Big Brother is watching you“, seperti dalam game ini dimana Orwell mampu memantau siapapun.


Sinopsis Orwell

Pernah gak berpikir kalau setiap aktivitas yang kita lakukan di internet dipantau oleh pemerintah? Apakah itu termasuk dalam kata “memantau” atau “memata-matai”? Orwell dikisahkan sebagai semacam Big Brother yang memantau aktivitas online, termasuk percakapan telepon dan chatting dari orang-orang yang dicurigai atau dianggap berpotensi membahayakan.

Orwell tidak bisa bekerja sendirian, program ini memerlukan manusia untuk memutuskan apakah sebuah informasi mengenai target dianggap penting dan berhubungan. Peran manusia dalam Orwell sebagai Investigator, orang yang menyaring informasi dan Adviser, orang yang memberi saran pada informasi-informasi yang didapat oleh Investigator.

The Nation merupakan sebuah negara yang sangat-sangat aman belakangan ini, hal ini karena sebuah undang-undang yang dianggap sangat berhasil dalam menekan jumlah kejahatan. Sayangnya, tidak semua orang setuju dengan undang-undang ini, mereka menganggapnya justru sebagai upaya pengekangan terhadap kebebasan dan sebagainya. Protes-protes pun mulai bermunculan hingga…

Suatu hari, di tempat dimana protes mengenai undang-undang sedang berlangsung, terjadi teror bom. Orang-orang menjadi panik, pemerintah pun mengaktifkan Orwell untuk menemukan siapa pelaku dari teror tersebut. Dan inilah waktunya beraksi untuk mencari siapa orang yang memiliki kemungkinan sebagai pelaku.

Semua petunjuk akhirnya mengarah ke sebuah organisasi kecil yang awalnya hanyalah sebuah grup debat kampus. Anggota organisasi ini hanyalah orang-orang biasa, musisi, anak orang kaya, pengacara, dosen, customer service, tapi apakah benar demikian? Penyelidikan lebih dalam menggunakan Orwell akan menemukan siapa mereka sebenarnya dan apa benar mereka terlibat dalam teror bom.


Kesan Bermain Orwell

Orwell adalah satu dari sedikit game simulasi yang saya ketahui memiliki tema yang berhubungan dengan pemerintahan seperti ini, satu game lain yang memiliki topik yang mirip adalah “Paper, Please“. FYI, “Paper, Please” adalah salah satu game yang mendapat nilai sangat tinggi bahkan sempurna dari banyak reviewer karena ide dan eksekusinya yang luar biasa, walau tergolong singkat, coba sempatkan untuk memainkannya.

Oke, kembali ke Orwell. Game ini sebenarnya cukup sederhana, hanya diperlukan ketelitian dan kemampuan analisis untuk menghubungkan satu petunjuk ke petunjuk lainnya. Ditambah, Adviser akan selalu memberikan komentar seputar informasi yang kita sudah kita upload ke Orwell. Terkadang, tidak semua informasi yang didapat dari target itu penting untuk penyelidikan, misalnya makanan favorit atau buku favorit.

Orwell adalah game yang cocok untuk dimainkan oleh mereka yang suka mencari pengalaman dalam bermain berbagai macam game seperti saya, atau bagi mereka yang menyukai kegiatan detektif untuk mencari petunjuk dan menghubungkannya. Tapi, saya menyarankan siapapun untuk bermain game ini dan melihat bagaimana jika batas-batas privasi kita sebagai manusia dilanggar oleh siapapun, termasuk pemerintah. Apakah hasilnya adalah keamanan mutlak atau tidak? Silakan nilai sendiri.

Tips Rumah Dijual Mudah dan Cepat Laku
Tips Sewa Apartemen Dengan Untung Besar
Mengajarkan Anak tentang Keuangan Sejak Dini
Cara Menghilangkan Noda Cokelat di Pakaian
Kenapa Sulit Menolak Minuman Bersoda?
SAO II Sinon
SAO Wallpaper Kini Tersedia di CNET
Info Lomba Terbaru 1.0
Info Lomba Terbaru 1.0 Apk
Ari Kurniawan [dot] Net App
AriKurniawan [dot] Net Android App
Mobile Legends vs Vainglory vs Mobile Arena
Harapan untuk Skull and Bones
Kesan Bermain Iron Blade : Medieval Legends RPG
Review One More Light
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron