Blogger

HTTPS Gratis dari Let’s Encrypt

Tahun 2014 lalu, Google sempat mengatakan bahwa mesin pencari mereka akan memberikan peringkat yang lebih tinggi pada website yang menggunakan HTTPS dibanding yang tidak menggunakannya. Karena itulah, mulai banyak website-website besar yang beralih menggunakan HTTPS. Selain faktor tersebut, faktor utama penggunaan HTTPS pada website besar adalah demi keamanan data.

Biaya HTTPS paling murah yang saya ketahui adalah sekitar $8/domain/tahun hingga yang paling mahal bisa berbiaya ribuan dollar per tahun. Untuk para blogger yang penghasilannya tidak seberapa, tambahan biaya untuk membayar HTTPS disamping biaya domain dan web hosting tentu akan memberatkan.

Sekitar tahun 2016 lalu, muncul Certificate Authority (CA), sebuah lembaga atau organisasi yang berhak mengeluarkan sertifikat HTTPS bagi sebuah website yang dipelopori oleh Linux Foundation bernama Let’s Encrypt. Berita baiknya, Let’s Encrypt memberikan sertifikat HTTPS ini secara GRATIS.

Beberapa penyedia hosting sudah menginstallkan Let’s Encrypt ke dalam cpanel mereka guna mempermudah user dalam mendapat HTTPS. Tapi, bagi mereka yang provider hostingnya belum menyediakan Let’s Encrypt, sertifikat ini masih bisa didapatkan dengan cukup mudah.

Ada beberapa cara untuk mendapat HTTPS gratis dari Let’s Encrypt ini jika tidak terinstall di Cpanel, cara termudah yang berhasil saya temukan adalah memanfaatkan SSLforFree.com.

  1. Buka sslforfree.com
  2. Masukan nama domain yang diinginkan untuk mendapat HTTPS
  3. Cara tercepat untuk verifikasi adalah melalui FTP, cukup masukan username dan password.
  4. Viola! Sertifikat sudah jadi dan bisa diinstall di Cpanel.

Untuk menginstall HTTPS ini, biasanya kalau di Cpanel ada di bagian “Security”, pilih SSL/TLS kemudian pilih “Manage SSL Sites”. Kemudian langkah selanjutnya tingga copy-paste CRT, Private Key dan CABUNDLE yang sudah didapatkan setelah verifikasi sebelumnya.

Ada satu tahap lagi yang sebenarnya opsional tapi menurut saya penting, yaitu melakukan redirect dari HTTP ke HTTPS, tujuannya agar versi yang diakses oleh pengunjung dan mesin pencari merupakan versi HTTPS bukan HTTP. Caranya juga cukup mudah :

  1. Masuk ke File Manager di Cpanel
  2. Buka dan edit .httaccess atau buat jika belum ada
  3. Tuliskan kode berikut :

RewriteEngine On

RewriteCond %{HTTPS} off

RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Jika “RewriteEngine On” sudah ada, jangan ditulis ulang, cukup tambahkan dua baris kode dibawahnya tepat dibawah kode tersebut.

Sebagai akhir tulisan, saya berikan beberapa catatan :

  1. Cara terbaik untuk menginstall HTTPS gratis dari Let’s Encrypt adalah meminta provider hosting untuk menginstallkannya sehingga user bisa menginstall dengan jauh lebih mudah.
  2. Cara diatas hanya disarankan bagi mereka yang benar-benar tau apa yang dilakukan, atau setidaknya siap belajar jika terjadi kesalahan. Jika terjadi kesalahan, tidak akan sampai mempengaruhi website secara keseluruhan.
  3. Simpan baik-baik seluruh data tentang SSL dan jangan pernah berikan Private Key pada siapapun. Amankan seaman-amannya.
Cara Edit Foto dengan Latar Bergerak Pakai Aplikasi Plotagraph
Inspirasi Bisnis Es Batu Higienis yang Praktis dan Menguntungkan
Tips Rumah Dijual Mudah dan Cepat Laku
Tips Sewa Apartemen Dengan Untung Besar
4 Minuman Teh Unik dari Seluruh Dunia
Kenapa Sulit Menolak Minuman Bersoda?
SAO II Sinon
SAO Wallpaper Kini Tersedia di CNET
Info Lomba Terbaru 1.0
Info Lomba Terbaru 1.0 Apk
Beyond Skyrim, Satu Lagi Bukti Skyrim Belum Mati
Mobile Legends vs Vainglory vs Mobile Arena
Harapan untuk Skull and Bones
Kesan Bermain Iron Blade : Medieval Legends RPG
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron