How to

Cara Membuat Deterjen Cair Sendiri Untuk Mencuci

Hampir setiap orang menginginkan pakaian yang bersih, segar dan wangi setiap harinya kecuali dia adalah tipikal orang yang jorok atau sekedar malas. Mencuci pakaian bukanlah kegiatan sederhana karena setelah mencuci, harus diikuti dengan menjemur, melipat, menyetrika dan menyimpannya. Bukan hanya pakaian, ada pula selimut, handuk dan benda dari bahan sejenis yang perlu dicuci secara berkala dan agar semuanya bisa bersih, segar dan wangi diperlukan zat ajaib bernama deterjen.

Deterjen sendiri ada berbagai jenis, ada yang harganya rata-rata, ada yang berharga ada mahal maupun yang harganya sangat murah. Biasanya sih yang harganya sangat murah ini memiliki dampak yang buruk pada lingkungan. Membeli deterjen pun biasanya dibatasi oleh varian wewangian yang dimiliki, mungkin agak sulit mencari deterjen dengan wangi durian di pasaran.

Pada beberapa orang yang kulitnya cukup sensitif, mencuci pakaian dengan sembarang deterjen bisa membuat kulitnya bereaksi, entah dengan rasa panas atau kulit mengelupas. Karena alasan itulah, cara mencuci pakaian bayi biasanya berbeda bahkan tidak memakai deterjen karena kulit bayi masih sangat sensitif.

Untungnya, dengan sedikit waktu dan tenaga, kita bisa membuat deterjen cair sendiri ala rumahan yang bisa disesuaikan dengan selera. Jika menginginkan deterjen yang tidak berbau terlalu tajam misalnya. Selain bisa dibuat sesuai keinginan, berikut ini caranya :

Bahan :

  • Sabun batangan
  • Borax (pilihan)
  • Washing soda atau baking soda
  • Pewangi (pilihan)

Pertama-tama, parut sabun batangan menjadi bentuk yang lebih kecil-kecil. Sabun batangan yang direkomendasikan untuk dipakai adalah yang tidak berbau terlalu tajam dan memiliki batangan yang cukup besar (supaya tidak rugi). Jika tidak punya alat parut, bisa mencincangnya kecil-kecil dengan pisau tajam.

Kedua, siapkan panci, isi dengan air lalu panaskan. Saat air sudah hampir mendidih, turunkan suhu api menjadi sedang lalu masukan parutan sabun ke dalamnya dan aduk secara perlahan. Aduk hingga seluruh sabun larut dalam air dan kita memiliki air sabun panas.

Ketiga, saat sabun sudah larut dalam air. Matikan api dan campurkan setengah gelas washing soda atau baking soda sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Pada tahap ini, selain menambahkan washing soda/baking soda, kita juga bisa menambahkan satu gelas borax. Bahan kimia ini sebenarnya berfungsi agar deterjen cair yang kita buat juga bisa merontokan noda, tapi jika tidak ditambahkan juga tidak masalah.

Jika ingin menambahkan pewangi, tunggu hingga larutan sabun + washing soda/baking soda sudah mendingin. Harap perhatikan saat menambahkan pewangi, karena tentu tidak menyenangkan jika pakaian yang kita pakai memiliki wangi campuran durian dan mawar. Tipsnya adalah pilihlah sabun yang sudah berbau wangi untuk diparutkan, lalu tambahkan pewangi dengan wangi yang sama dengan wangi sabun tersebut sehingga menjadi lebih harum lagi.

Untuk menyimpannya, bisa di botol bekas deterjen cair atau botol bekas air mineral. Sebelum menyimpan deterjen rumahan, periksalah dulu kekentalannya. Jika dirasa masih terlalu kental, bisa ditambahkan air agar menjadi lebih cair sebelum disimpan.

Selamat mencoba!

Related Incoming Search Term:

Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Apple Pie Smoothie Bowl
Aneka Kue Tradisional Indonesia yang Bisa Dibuat Tanpa Oven
4 Minuman Teh Unik dari Seluruh Dunia
Kenapa Sulit Menolak Minuman Bersoda?
SAO II Sinon
SAO Wallpaper Kini Tersedia di CNET
Info Lomba Terbaru 1.0
Info Lomba Terbaru 1.0 Apk
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
Beyond Skyrim, Satu Lagi Bukti Skyrim Belum Mati
Mobile Legends vs Vainglory vs Arena of Valor
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron