Catatan

Arti 21

Untuk yang tidak tahu, bulan Juni 2017 ini saya genap berusia 21 tahun. Usia 21 tahun bagi saya artinya hanya satu, yaitu sudah dianggap dewasa secara hukum dan hal itu ada baik dan buruknya. Hal baiknya, saya bisa masuk ke tempat dan mencoba hal-hal yang sejak lama bertuliskan “21+”, IYKWIM. Berita kurang baiknya, saya tidak bisa berlindung lagi di balik kata “masih anak-anak” atau “masih dibawah umur” dalam banyak urusan.

Bukannya tidak mensyukuri sudah diberikan waktu menikmati dunia selama 21 tahun ini, tapi sejak beberapa tahun lalu, saya menjadi orang yang ‘mati rasa’ terhadap perayaan hari lahir sendiri. Namun, karena tahun ini sepertinya agak istimewa, maka saya ingin mengambil ‘Semangat Usia 21’ ini dan melakukan sesuatu yang benar-benar sulit (secara psikologi).

Keputusan ini memang masih belum final dan bisa saja berubah di tengah jalan bahkan batal 1000%. Tapi, ini adalah sesuatu yang sudah berulang kali melintas di pikiran saya sejak 2 tahun terakhir, yaitu ‘membuang’ DEARRYK.

Sedikit cerita, saya mulai suka menulis sejak SD, sejak masa-masa SMP, saya mulai ngeblog dan memakai satu nama yaitu DEARRYK versi ‘alay’ dari nama panggilan saya sehari-hari, Dearik. Sampai tulisan ini ditulis, dearryk.com masih online dan menjadi sesuatu yang sangat saya banggakan karena bisa membuatnya tetap online sampai hari ini.

Seperti sebelum-belumnya, saya sampai pada satu titik dimana nama DEARRYK sepertinya harus dilepaskan. Alasannya utamanya ada 2 :

  1. Namanya susah dieja. Hal ini membuat saya susah dalam mempromosikannya ke target pasar baru di masa mendatang.
  2. Susah membuatnya terlihat profesional. Sejak SMP, entah sudah berapa akun yang saya buat dengan nama DEARRYK, hal itu membuat dearryk.com akan sangat sulit terlihat sebagai sebuah web yang dikelola secara baik dan profesional, karena bagaimana pun, akan ada jejak personal di jalannya.

Pada dua alasan diatas, saya menulis soal ‘target pasar baru’ dan ‘profesional’. Yap, saya punya rencana mengembangkan dan mengelola sebuah web baru selama 2-3 tahun ke depan yang saya harapkan sih 100% pendanaannya bisa berasal dari kantong sendiri hingga pada batas dimana saya rasa sudah siap.

Masalahnya, sejak dahulu, saya tidak berbakat mengelola lebih dari dua web secara bersamaan. Contohnya saja saat ini, saya hanya rutin menulis dan mengelola dua web saja yaitu blog ini dan dearryk.com. Saya sebenarnya punya beberapa domain dan web yang sudah online, namun saya sangat kesulitan mengurusnya.

Jadi, pilihannya ada dua, ‘membuang’ arikurniawan.net atau dearryk.com? Dan, saya rasa ini adalah waktu yang sangat tepat untuk memilih pilihan ‘membuang’ dearryk.com sekalian mempensiunkan nama DEARRYK.

Rencananya sih tidak benar-benar melepas dearryk.com begitu saja, pertama saya akan memilih beberapa artikel yang benar-benar bagus dari dearryk.com dan memindahkannya ke web baru. Kemudian melakukan redirect artikel dari domain dari dearryk.com ke web baru. Lalu, dearryk.com akan hanya menjadi redirect domain ke web baru selama beberapa tahun. Hingga pada akhirnya, saya harus benar-benar berpisah dengan kenangan masa-masa menyenangkan itu.

Kesimpulan

Arti 21 bagi saya bukan hanya menjadi ‘dewasa’, tapi melakukan hal yang benar-benar sulit dan yakin bahwa hal itu adalah yang terbaik dan tidak boleh menyesalinya dikemudian hari. Hal ini mungkin terasa sangat remeh bagi orang lain, tapi percayalah ini adalah pilihan yang sulit.

DEARRYK bukan sekedar nama, tapi itu adalah sebuah identitas yang sangat saya banggakan. Bangga karena selama 5 tahun berhasil tetap online disaat blogger lain ‘seangkatan’ saya bertumbangan dan pensiun, bangga karena ratusan ucapan “terimakasih” di kolom komentar, bangga karena dia dicemooh oleh banyak orang bahkan orang terdekat saya saat pertama kali memulai tapi pada akhirnya membuktikan diri sebagai sesuatu yang bahkan lebih besar dari perkiraan saya.

Related Incoming Search Term:

Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Apple Pie Smoothie Bowl
Aneka Kue Tradisional Indonesia yang Bisa Dibuat Tanpa Oven
Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya
4 Minuman Teh Unik dari Seluruh Dunia
Kenapa Sulit Menolak Minuman Bersoda?
SAO II Sinon
SAO Wallpaper Kini Tersedia di CNET
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron