Apa Itu Oculus Rift? Berikut Penjelasan Singkatnya!

Mungkin sebagian besar orang belum tahu apa yang dimaksud dengan perangkat Oculus Rift, terkecuali untuk para kalang pecinta game dan pengamat teknologi. Perangkat ini merupakan sebuah produk lain yang dibuat oleh kreativitas dari beberapa vendor seperti Apple dan PC untuk mengubah teknologi ke arah masa depan yang lebih baik.

Sebenarnya perangkat Oculus jenis Rift ini merupakan sebuah output atau hasil dari display yang mana bentuknya mirip dengan komputer dalam menampilkan dunia virtual tiga dimensi (3D). Hanya saja letaknya cukup dekat dengan mata. Tampilan seperti ini sering kali disebut dengan VR HMD atau Virtual Reality seri Head Mounted Display.

Dengan begitu, maka desain optik yang berkualitas ini akan membuat mata Anda lebih fokus pada tampilan. Lalu apa saja sih kelebihan dari perangkat satu ini? Kenapa banyak orang membicarakannya. Agar lebih jelas maka berikut ini adalah uraian singkatnya:

Tujuan Pembuatan

Oculus Rift pertama kali diciptakan oleh vendor bernama Palmer Luckey, yang mana tujuan awalnya adalah untuk memenuhi kepentingan dari para gamer. Sejak mulai diluncurkan di Kickstarter perangkat ini mulai memperoleh donasi Backer dan sebagian besar adalah para maniak game.

Tujuan awalnya memang untuk bermain game, sebagai salah satu perangkat yang digunakan sebagai pengganti dari layar. Jadi sudah tidak heran lagi jika visi pertama ini berhasil merambah masuk ke dunia para gamer, sebab kebanyakan penggunanya telah merasakan pengalaman yang luar biasa.

Dibeli oleh Perusahaan Facebook

Seiring semakin banyak orang yang mulai tertarik dan mulai populernya perangkat ini, pada akhirnya pemilik dari perusahaan Facebook atau Mark membelinya dengan harga yang mencapai dua Miliar Dolar Amerika. Banyak pihak yang cukup menyayangkan pembelian ini, namun pada akhirnya juga mulai sadar bahwa perusahaan Facebook tidak pernah kehabisan dana.

Dengan dana yang dimiliki oleh Facebook maka Oculus pun akan semakin cepat dirilis. Sehingga bukan hanya tampil untuk dunia game saja, namun juga bisa diimplementasikan pada berbagai macam bidang lainnya.

Aplikasi yang Mendukungnya

Sama halnya dengan perangkat virtual reality lainnya, Oculus Rift juga didukung dengan berbagai macam aplikasi yang mana nantinya akan membantu Anda semakin mudah melakukan aktivitas. Beberapa aplikasi tersebut diantaranya sebagai berikut:

Aplikasi Game

Berkat bantuan dari perangkat VR satu ini, para pecinta game kini benar-benar telah merasa dirinya hadir dalam game yang sedang dimainkan. Kehadiran tersebut didukung dengan adanya game bentuk stereo atau memiliki tampilan tersendiri di mata kanan maupun kiri dan juga offset yang sudah diukur dengan tepat.

Tour Wisata

Bukan hanya game saja yang didukung dengan Oculus Rift, bidang pariwisata pun didukung dengan beberapa aplikasi. Kali ini Anda tidak lagi merasa repot lagi untuk memesan hotel dan juga tiket pesawat. Dari beberapa aplikasi yang hari Anda akan dibawa seolah-olah sedang berada di Tokyo atau juga Berlin.

Cukup dengan memasang perangkat ini maka Anda akan menikmati perasaan seperti sedang berada di berbagai belahan dunia tanpa harus susah-susah keluar dari rumah. bagaimana menarik dan cukup praktis. Desain video berbentuk 360 derajat dan stereo mampu menjadikan semakin merasa nyaman.

Kedokteran

Bagi Anda yang saat ini masih menjadi mahasiswa kedokteran pun akan terbantu dengan adanya aplikasi dari Oculus Rift ini. Anda kini bisa melihat proses pembedahan secara langsung pada pandangan mata yang pertama, bahkan Anda pun seakan-akan sedang melakukan proses pembedahan tersebut. Bagaimana cukup menyenangkan bukan?

Jenis dan Spesifikasi

Ada banyak sekali Oculus Rift yang bisa Anda miliki untuk membantu Anda menikmati dunia virtual lebih nyata. Setiap perangkat akan memiliki kelebihan dan juga spesifikasi masing-masing. Nah berikut ini adalah beberapa jenis dan spesifikasi yang bisa Anda pilih:

Rift DK2

Pilihan pertama mungkin akan jatuh pada seri DK2 yang mana memiliki resolusi sebesar 960 x 1080 per. Perangkat ini juga didukung dengan beberapa sensor seperti near infraredseri CMOS Sensor serta update rate sebesar 60 Hz. Berat dari jenis ini juga tergolong ringan yaitu 0,97 lbs tanpa kabel yang menempel.

Bukan hanya itu saja, seri ini juga memiliki berbagai macam fitur lainnya yang bisa Anda nikmati. Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah dua colokan USB, HDMI Adapter, lensa yang proporsional dan lain sebagainya.

Crescent Bay

Jenis Oculus Rift yang kedua adalah Crescent Bay. Secara detail spesifikasi dari seri ini memang belum secara resmi dirilis. Seri ini merupakan jenis prototype paling baru bahkan bisa dikatakan lebih mirip dengan versi consumer 21015. Crescent Bay dibekali dengan layar beresolusi tinggi sehingga, akan menimbulkan screen door effectyang samar atau tidak muncul.

Selain itu Crescent Bay juga dibekali dengan built-in headset yang berfungsi sebagai suara yang mana akan disesuaikan dengan posisi dari kepala Anda saat menggunakan. Contohnya begini Anda mungkin sedang mendekat pada objek sumber suara yang ada pada tayangan VR maka secara otomatis suara pun akan membesar.

Hal ini tentu menjadikan dunia virtual menjadi lebih terasa. Secara garis besar seri Crescent Bay lebih baik dibandingkan dengan seri yang pertama tadi yaitu seri Oculus DK2.

Demikian beberapa ulasan singkat mengenai Oculus Rift. Meskipun pada awal kedatangan perangkat ini dianggap remeh. Namun siapa sangka saat ini justru menjadi terobosan yang cukup unggul. Anda bisa memilih salah satu jenis yang paling cocok untuk digunakan dalam mendukung aktivitas virtual.