7 Tips Memilih AC yang Bagus dan Sesuai dengan Kebutuhan

Bingung membeli AC dari penjual AC karena masalah waktu dan sebagainya? Memilih penjual AC online saat ini juga sudah sangat banyak. Belum lagi brand AC di pasaran. Hal ini membuat para konsumen yang hendak mencari toko yang jual AC Daikin misalnya, akan cukup kesulitan walaupun telah memiliki sebuah brand yang diinginkan. Bayangkan jika anda belum memiliki brand tertentu. Hal ini tentu mempersulit anda dalam belanja kebutuhan AC

Berikut tips yang dipakai secara umum oleh kebanyakan orang saat membeli AC.

1. Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan

Pastikan ukuran ruangan anda terlebih dahulu. PK yang terlalu besar akan menyebabkan boros energy listrik sedangkan PK yang terlalu kecil akan menyebabkan suhu ruangan tidak akan menjadi nyaman. Jadi pastikan ukuran ruangan.

Ruangan berukuran 10 m2 kompatibel pada AC ½ PK, 14 m2 dengan AC ¾ PK, 18 mdengan AC 1 PK, 24 m2dengan AC 1 ½ PK, dan 36 m2 dengan AC 2 PK. Jika luas ruangan lebih dari 36 m2 maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli lebih dari satu buah AC. Asumsi diatas menggunakan ruangan dengan tinggi 3,5 meter dan dinding ruangan dilapisi kaca secukupnya atau tidak terpapar sinar matahari secara langsung

2. Pilih jenis AC sesuai kebutuhan

AC yang biasa digunakan untuk rumah tangga adalah AC Split. Sebelum AC Split pendahulunya adalah AC Window yang kini sudah sangat jarang dijual di pasaran. Untuk gedung perkantoran Anda bisa memilih AC Split atau AC Cassette yang dipasang di langit-langit.

Sementara untuk pusat perbelanjaan dan hotel biasanya menggunakan AC Central yang kompresornya sangat besar. Jika Anda ingin memiliki AC yang bisa dipindah-pindah (biasanya untuk keperluan acara), maka AC Floor Standing bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda.

3. Pertimbangkan AC yang hemat listrik

Produsen AC saat ini berlomba lomba menghasilkan AC yang hemat energy dan lebih ramah lingkungan. Sebagai Calon pembeli, kita harus memilih AC yang hemat listrik agar tagihan listrik tidak membengkak. Jangan ragu menanyakan besaran Watt AC yang akan dibeli.

4. Fitur AC benar-benar Anda butuhkan

Fitur AC sangat mempengaruhi budget anda. Tetapi fitur AC juga mempengaruhi kenyamanan pemakaiann AC tersebut. Pastikan fitur AC yang anda beli memang telah disesuaikan. Misal, jika rumah memiliki banyak peralatan elektronik tetapi daya listri hanya 10Ampere dan anda membutuhkan 3 unit AC, pilihan anda antara membeli AC 3/4PK 3 unit atau 1 PK tetapi dengan type Inverter dan low watt. Salah satunya, AC Daikin memperkenalkan fitur Powerful Inverter melalui type-type Smile Inverter yang dapat lebih meningkatkan efisiensi energy dan menurunkan daya listrik dari AC inverter dan fitur Mould proof operation dapat mencegah pertumbuhan lumut pada unit. Penting atau tidaknya fitur ini tergantung dari setiap kebutuhan konsumen. Jika anda membutuhkan efisiensi energy atau low watt plus inverter, maka type ini dapat dijadikan pertimbangan. Saran, pilihlah AC Power Inverter dengan fitur low watt 1PK untuk kenyamanan anda. Pelajari juga kenapa AC Inverter lebih baik dipilih jika pemakaian AC diatas 6 jam perhari.

5. Beli AC dari merk terpercaya

Ketika memasuki toko elektronik, Anda pasti akan dibuat bingung dengan banyaknya pilihan merk AC yang dipajang di sana. Namun, jika Anda sudah cocok dengan satu merk sebaiknya pilih tipe AC dari merk tersebut. Demikian juga jika berbelanja secara online, sebaiknya berbelanja melalui toko yang jualAC online secara langsung yang jual AC secara online, tanpa melalui marketplace dan pastikan ada toko fisik seperti Master AC Indonesia. Sebagai info, Master AC Indonesia juga jual AC Daikin dan berbagai brand AC lainnya.

Hal ini dikarenakan pertama, anda lebih mudah klaim garansi jika terjadi sesuatu saat pemasangan, kedua, toko fisik biasanya memiliki tenaga ahli instalasi. Hal ini membantu anda terhindar dari kerepotan mencari tenaga teknisi lagi. Ketiga pastikan toko online tersebut menjual material dengan tujuan memudahkan anda berbelanja material yang sesuai dengan type ac yang anda beli.

6. Sesuaikan dengan budget

Meskipun mencari AC yang murah, tapi jangan tergiur dengan AC yang dibandrol dengan harga yang sangat murah. Kalau Anda tidak yakin dengan merk AC yang super murah, sebaiknya tunggu dulu sampai budget Anda benar-benar cukup untuk membeli AC yang berkualitas.

7. Tentukan tipe AC

Seperti dicontohkan diatas, tentukan type AC yang sesuai agar tagihan listrik tidak membengkak. Disarankan juga mempelajari 3 tipe AC lain yang memang beredar di pasaran, yaitu Standard, Low watt dan Inverter.

Pada dasarnya, AC low watt adalah jenis AC standard yang ukuran kompresornya dikurangi agar lebih hemat penggunaan daya listrik. Sedangkan AC inverter bekerja sangat keras saat baru dinyalakan dan mengurangi kinerjanya agar lebih hemat listrik ketika suhu ruangan sudah dingin. Penggunaan AC lebih dari 6 jam sebaiknya menggunakan tipe AC inverter.