To-Do-List 2018

Disclaimer : tulisan ini merupakan resolusi 2018 pribadi saya. Jika kalian terjebak untuk sampai pada tulisan ini, silakan langsung close saja tab di browser jika yakin bahwa hal ini tidak penting. Tapi, jika ingin melanjutkan membaca, ya monggo…


Tahun baru biasanya menjadi waktu untuk beberapa orang menuliskan resolusi apa yang ingin dilakukan di tahun yang baru. Tapi, sebelum pertengahan tahun tiba, banyak yang sudah menyerah atau melupakan apa yang ditetapkannya di awal tahun. Tahun 2017 lalu, saya menuliskan resolusi di blog ini yang sifatnya bisa bertambah seiring waktu.

Resolusi itu terbilang sukses dimana sebagian berhasil diraih bahkan sebelum pertengahan tahun. Keberhasilan mencapai resolusi yang ditulis di awal tahun ternyata membawa semangat baru dan rasa bangga pada diri sendiri. Untuk itu, saya ingin mengulangi hal tersebut tahun ini. For this year, I will aim higher!

50 “Karya Tulis” dalam 1 Tahun

Resolusi tahun lalu saya berfokus pada hobi pribadi saya yaitu bermain video game. Tapi, khusus untuk tahun ini, saya ingin memfokuskan resolusi pada berkarya, terutama karya berupa tulisan. Sudah terbiasa menulis sejak sekolah dasar membuat hal ini seharusnya tidak sulit, ditambah lagi saat masa-masa sekolah menengah, 100 tulisan dalam kurun waktu satu tahun bukanlah sesuatu yang mustahil.

Tapi, sebelum mulai menghitung dan berkarya, saya harus mendefinisikan apa yang bisa disebut sebagai “karya tulis” yang saya maksud. Tulisan yang dimaksud disini adalah karya orisinal saya berupa tulisan yang dipublikasi di blog ini, kararuna.com atau media blogging lain seperti Kompasiana atau Medium. Tulisan tersebut harus minimal 400 kata, bukan merupakan sponsored content, ditulis berdasarkan data atau pendapat pribadi.

Menyelesaikan tantangan #NaNoWriMo

National Novel Writing Month adalah event tahunan yang berlangsung selama bulan November, tapi belum pernah saya selesaikan walau sudah mencobanya sejak 2013. Menulis 50.000 kata (sebuah novel) selama 30 hari adalah inti dari tantangan #NaNoWriMo. Tahun ini, dengan segala pertimbangan dan waktu yang tersedia, secara teori, saya harusnya bisa menyelesaikan tantangan ini.

Untuk menambah tantangan, saya tidak akan mengambil tema fantasi atau sci-fi untuk novel yang akan ditulis karena dua genre itu adalah favorit saya. Sebaliknya, saya akan mengambil tema yang jarang atau bahkan tidak pernah saya lakukan seperti horror, thriller, crime atau adult mungkin.

Selesai membaca 12 buku sebelum November 2018

Mengingat saya berniat menyelesaikan tantangan #NaNoWriMo tahun ini, saya perlu banyak inspirasi. Ditambah, sejak 2016, saya punya beberapa buku yang belum selesai dibaca sampai hari ini karena saya terlalu malas untuk menyelesaikan membaca. Nah, mumpung momennya pas, maka saya memutuskan untuk membaca lebih banyak buku tahun ini.

Buku yang dimaksud tidak terbatas pada novel, termasuk juga buku pengembangan diri, buku biografi tokoh, buku yang berhubungan dengan teknis atau buku-buku lainnya.

Diamond I di Ranked Garena AOV Season 3

Tahun lalu, saya punya target untuk mencapai rank yang cukup rendah sebenarnya untuk ranked match Vainglory. Sayangnya, karena selalu melakukan solo ranked seorang diri, hal itu terasa cukup sulit. Tahun ini, saya ingin fokus ke game lain yaitu Garena AOV. Karena selain punya tim yang sering diajak bermain, target kali ini sepertinya cukup realistis untuk dicapai.

Season 3 di Garena AOV akan selesai sekitar bulan April 2018. Jadi, dengan berbagai pertimbangan mengingat saya juga sedang mengerjakan final project tahun ini, target ini sepertinya cukup realistis daripada menargetkan conqueror.

Menyelesaikan minimal 5 game

Sama seperti tahun lalu, saya memasang target untuk menyelesaikan minimal 5 game tahun ini. Game yang dimaksud tidak terbatas pada game AAA atau game indie baik di PC, PS4 atau bahkan di mobile jika memungkinkan. Daftar dari game yang saya selesaikan akan diupdate pada tulisan ini.


List ini akan terus diupdate / ditambah seiring berjalannya waktu di tahun 2018

Manfaat Rempah Untuk Gula Darah
Resep Membuat Kue Putri Salju
Cara Mengobati Flu dengan Cepat
Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Ini Dia Manfaat dari Membaca Berita Ekonomi Indonesia Terlengkap
Hati-Hati! 4 Penyakit Ini Ternyata Berbahaya Bagi Pengemudi Mobil
Selain Ilija Spasojevic, Ini 4 Pemain Sepakbola yang Tinggal Menuggu Jadi WNI
5 Momen Pertama yang Jangan Sampai Dilewatkan Sebagai Orangtua
Battle Royale di Android
Kesan Bermain Path of Exile dan Grim Dawn
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron