EEAAA

The Aurora World Indonesia, MMORPG Baru dari CIUMI

Genre game MMORPG belakangan ini semakin disukai dan jumlahnya pun semakin banyak. Hal ini tidak terlepas dari keseruan yang bisa dihadirkan oleh genre ini.

Salah satu MMORPG yang cukup menjanjikan dan baru beberapa waktu lalu dirilis adalah The Aurora World Indonesia. Dibuat oleh developer game asal Tiongkok, Aurora Interactive dan merupakan game pertama dari PT. CIU Media Indonesia (CIUMI) yang berlokasi di Batam.

Secara umum, elemen-elemen dalam game ini tidak berbeda dengan kebanyakan MMORPG lainnya. Seperti pemilihan job, PVP, PK, Clan, Life Skill dan kustomisasi karakter.


 

The Aurora World Indonesia

Berlatar belakang di sebuah dunia fantasi bernama Aurora World yang baru saja bangkit dari kehancuran. Kini, dunia ini dikuasai oleh 3 negara utama yaitu Helios, EOS dan Selene.

Helios sendiri mirip seperti sebuah kerajaan di Aurora World, dipimpin oleh seorang raja serta berada di belakangan pegunungan. Sementara EOS sendiri seperti sebuah suku yang dipimpin oleh master chief dan mendiami wilayah paling dingin di Aurora World. Selene sendiri merupakan sebuah negara yang menempati sebuah pulau.

Ketiga negara ini terus berusaha memperluas daerahnya dengan cara menaklukan monster yang berkeliaran di sekitar wilayah mereka. Karena alasan itu pula, perang antar negara juga tidak bisa terhindarkan. Perang antar negara atau disebut Nation War juga menjadi fitur menarik dalam game ini.

Disini, player akan berperan sebagai salah satu warga dari salah satu negara. Selama 10 level pertama, player akan lebih banyak menjalankan tutorial hingga akhirnya bisa memasuki salah satu ibukota dan memilih job di level 10.


 

Job The Aurora World

Ada empat job yang tersedia di Auroraworld :

Warrior

Warrior disini berperan sebagai tanker,  daya tahan yang kuat serta serangan jarak dekat yang cukup sakit membuatnya selalu berada di depan dan menahan serangan musuh sehingga player lain bisa menyerang tanpa harus takut terkena serangan.

Second job dari Warrior adalah menjadi Warlord maupun Gladiator.

Witch

Witch dalam Auroraworld memiliki peran sebagai summoner sekaligus memberikan buff. Serangan mereka mungkin tidak terlalu berarti, tapi punya peran dalam pertarungan beregu Kekuatan mereka datang dari sihir aliran gelap dan mampu memanggil makhluk kegelapan.

Second job dari Witch adalah Warlock maupun Shaman.

Mage

Seperti mage dalam MMORPG umumnya, pertahanan dan hit point (HP) job ini sangatlah lemah. Tapi, sebagai gantinya, mereka punya serangan yang sangat dahsyat dan bisa menyerang dari jarak yang cukup jauh. Dua sihir yang dimiliki oleh Mage dalam Aurora World adalah api dan es.

Second job dari Mage adalah Archmage atau Sorcerer.

Alchemist

Peran seorang alchemist adalah sebagai penyembuh (healer) sekaligus memberikan buff. Walau punya karakteristik seperti Mage yaitu pertahanan dan HP yang cukup tipis, tapi alchemist punya peran penting sehingga biasanya menjadi sasaran utama dalam pertempuran beregu. Kemampuan paling penting dari seorang alchemist adalah membangkitkan yang sudah mati.

Second job dari Alchemist adalah Bishop atau Apotechary.


 

Mengenal Majinn

the-aurora-world-indonesia-majinn

Majinn dalam The Aurora World Indonesia bisa disamakan dengan companion dalam MMORPG lainnya, uniknya, selain bisa membantu dalam pertarungan, ketika sudah mencapai level 20, Maijinn bisa juga dimanfaatkan sebagai mount. Karakter pertarungan setiap Maijinn pun tergantung pada elemen yang dimiliki.

Maijinn Metal – Menyerang satu target saja

Maijinn Kayu – Fokus pada penyembuhan

Maijinn Air – Fokus mengurangi kecepatan musuh

Maijinn Api – Menyerang banyak target secara random

Maijinn Bumi – Fokus pada pertahanan


 

Macam-macam Battle/War

Seperti MMORPG lainnya, Aurora World juga menawarkan beberapa jenis Battle/War yang cukup menarik dan akan saya bahas satu per satu.

PvE (Player versus Enemy)

Ini merupakan battle yang paling umum, biasanya terjadi saat melakukan sebuah quest. Enemy disini digerakan oleh komputer (AI) dan levelnya tergantung pada wilayahnya. Semakin jauh wilayah yang sudah dijelajahi, maka level enemy ini juga semakin tinggi. Level enemy juga bisa meningkat seiring peningkatan level player, walau penampilannya sama, bisa saja levelnya lebih tinggi.

PvP (Player versus Player)

Battle model ini bertujuan untuk mengadu atau sekedar mengasah kemampuan dengan pemain lain. Disediakan sebuah tempat (Arena) dengan wilayah yang cukup terbatas untuk saling beradu skill dan strategi bermain antar 2 player. PvP juga sering jadi ajang unjuk gigi atau balas dendam antar pemain, tapi itu tidak masalah dalam sebuah MMORPG. Tidak ada hadiah untuk pemenang dalam PvP, kecuali memang sedang ada turnamen.

PK (Player Kill) Area

Sudah umum dalam MMORPG jika ada beberapa wilayah yang mengijinkan PK, yaitu membunuh player lain tanpa perlu alasan dan syarat. Biasanya, PK Area hanya bisa diakses oleh mereka dengan level tertentu. Dalam Aurora World, PK Area bisa diakses jika sudah mencapai level 30 keatas.

Nation War

Nation War dalam The Aurora World Indonesia cukup unik, tapi bukan hal baru. Mungkin kalian yang sudah biasa main MMORPG tidak akan terlalu asing dengan ini, mirip seperti Guild War atau Clan War di game lain. Para pemain yang akan berpartisipasi akan dibawa ke sebuah map khusus, dimana ada beberapa patung yang harus dihancurkan. Para pemain harus bisa menghancurkan patung sambil berjaga-jaga agar tidak dibantai pemain lawan.


 

The Aurora World Indonesia System Requirements

CPU

Minimum : Intel Celeron 2.0G/AMD Athlon 1800+

Recommended : Intel Pentium Dual Core/AMD Athlon 64 X2 atau lebih tinggi

Memory

Minimum : 512 MB

Recommended : Diatas 512 MB

Graphic Card

Minimum : NVIDIA GeForce 5200/ATI X1300XT

Recommended : NVIDIA GeForce 7600GT/ATI 2600 atau lebih tinggi

Hard Disk : 8 GB

OS : Windows XP/Vista/7

DirectX : DirectX 9.0 atau lebih tinggi


 

Kesimpulan

The Aurora World Indonesia memang merupakan game pertama dari CIUMI, tapi saya sendiri berharap jika game ini bisa terus berkembang dan bertahan. Saya sudah banyak melihat game-game potensial yang sangat keren di luar negeri tapi ketika dibawa/dikelola secara lokal malah memburuk. Harapannya sih supaya CIUMI bisa belajar dari para pendahulunya dan tidak melakukan hal yang sama.

Ya… walaupun banyak elemennya yang tidak 100% baru, tapi keseruan bermain MMORPG bukan hanya terpatok pada satu hal. Support dari publisher yang berkelanjutan, para player yang seru (rusuh dikit boleh), update (perbaikan bug) teratur, event yang menarik hingga komunitas yang solid bisa menjadi nilai tambah dari sebuah game bergenre ini.

Related Incoming Search Term:

Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Apple Pie Smoothie Bowl
Aneka Kue Tradisional Indonesia yang Bisa Dibuat Tanpa Oven
4 Minuman Teh Unik dari Seluruh Dunia
Kenapa Sulit Menolak Minuman Bersoda?
SAO II Sinon
SAO Wallpaper Kini Tersedia di CNET
Info Lomba Terbaru 1.0
Info Lomba Terbaru 1.0 Apk
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
Beyond Skyrim, Satu Lagi Bukti Skyrim Belum Mati
Mobile Legends vs Vainglory vs Arena of Valor
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron