SEO untuk Mesin Pencari DuckDuckGo

Nama DuckDuckGo mungkin belum sepopuler mesin pencari lain seperti Google, Baidu, Bing atau Yahoo!. Hal ini tidak mengherankan jika mengingat bahwa market share dari DuckDuckGo saat ini masih ada diangka 0.22%, masih dibawah Yandex yang punya marketshare 0.85% dan sangat jauh dibandingkan Google dengan market share lebih dari 70%.

Tapi, mengingat DuckDuckGo berhasil menjalin kerjasama dengan Samsung dan Brave Browser, tidak mengherankan jika market share dari mesin pencari yang satu ini akan meningkat di masa mendatang.

Kenapa DuckDuckGo mulai populer?

Selain karena berhasil menjalin kerjasama dengan Samsung dan Brave Browser. Kasus kebocoran data Facebook beberapa waktu lalu sedikit tidaknya membuat lebih banyak orang sadar seberapa banyak data pribadi mereka yang dimiliki oleh perusahaan seperti Google dan Facebook.

DuckDuckGo memiliki nilai jual dalam urusan menjaga privasi penggunanya. Jika Google dan sebagian besar mesin pencari menyimpan data pencarian penggunanya dan menggunakan data tersebut untuk menargetkan iklan, maka DuckDuckGo tidak menyimpan data apapun, tidak menjadikan data pengguna sebagai target iklan dan hanya menyediakan hasil pencarian.

Bagaimana DuckDuckGo bekerja?

Karena DuckDuckGo tidak menyimpan data apapun dari pengguna dan setiap pencarian, hasil pencariannya pun tidak ‘seakurat’ mesin pencari lain. DuckDuckGo menggunakan lebih dari 400 sumber ditambah dengan robot crawling mereka DuckDuckBot termasuk mengambil hasil pencarian dari mesin pencari lain seperti Bing, Yahoo! dan Yandex.

DuckDuckGo bekerja secara hybrid yaitu dengan mengambil ranking dari API yang mendasarinya yaitu dari Bing, Yahoo!, Yandex dan milik mereka sendiri. Kemudian melakukan re-rank, menghapus dan menggabungkan hasil pencarian tersebut sebelum dimunculkan sebagai hasil pencarian mereka.

Metode SEO untuk DuckDuckGo

Backlink Berkualitas

Hampir semua mesin pencari termasuk DuckDuckGo merekomendasikan untuk mendapatkan backlink dari website berkualitas tinggi seperti Wikipedia. Memang tidak ada informasi pasti tentang bagaimana algoritma DuckDuckGo benar-benar bekerja, namun dengan mendapatkan backlink berkualitas tinggi setidaknya DuckDuckBot akan mendeteksi hal tersebut.

Kata Kunci Spesifik

Tidak seperti Google, dimana saat mencari “tempat makan murah”, maka hasil pencarian akan menunjukan tempat makan murah terdekat dengan pencari. DuckDuckGo tidak menyimpan apapun kecuali pengguna pengijinkan DuckDuckGo mengakses lokasi pengguna. Hasilnya pun masih kalah jauh dibanding Google.

Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya mengoptimasi kata kunci dengan penambahan lokasi. Misalnya “tempat makan murah di Kuta”. Namun, hal ini masih harus dicoba dan dipelajari lebih dahulu dan melihat perkembangan dari DuckDuckGo itu sendiri.

Mengoptimasi untuk Bing, Yahoo! dan Yandex

Seperti sudah dijelaskan diawal, DuckDuckGo mengambil hasil pencarian dari Bing, Yahoo! dan Yandex untuk digunakan sebagai rujukan untuk hasil pencarian mereka sendiri. Maka, tidak ada salahnya untuk mengoptimasi untuk ketiga mesin pencari tersebut.

Optimasi untuk Bing dan Yandex pada umumnya tidak berbeda jauh dengan optimasi untuk Google. Misalnya dengan submit site map, kecepatan dan ‘kesehatan’ website.