Happy Time

Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL

Entah kenapa, dalam satu tahun terakhir, setiap 6 bulan sekali, saya harus mengganti earphone. Satu tahun lalu, saya mengganti earphone karena yang lama rusak, 6 bulan lalu saya mengganti earphone karena rusak juga. Dan kini, saya lagi-lagi harus mengganti earphone, tapi kali ini bukan karena rusak tapi karena hilang entah dimana.

Pilihan saya kali ini jatuh pada LIT High Performance In-ear Earphone dari Soul Electronics. Saya membelinya dengan harga diskon seharga 80 ribuan (saat artikel ini ditulis) dari official store Soul Electronics di Tokopedia. Saya sebenarnya lebih kepincut dengan Prime / Mini, karena punya desain yang keliatan lebih ‘mahal’ dan kabel pipihnya, tapi karena faktor ‘U’, maka saya memilih LIT saja.

Nama Soul Electronics sebenarnya masih sangat asing bagi saya pribadi, bahkan awalnya saya mengira bahwa brand ini adalah brand dalam negeri. Setelah mencari-cari informasi di internet, akhirnya saya mendapat informasi bahwa brand ini memiliki kantor pusat di Amerika Serikat dan merupakan brand yang bekerjasama dengan Ludacris dalam pembuatan produk-produknya. Oke, sepertinya ini bukanlah pilihan yang buruk.

First Impression

Berbeda dengan saat menerima produk ATH-CLR100is, kali ini saya puas dengan kemasan dari LIT karena walau sebenarnya hanya terdiri dari earphone, buku manual, box dan selembar karton untuk membuat produk tampak jelas dari plastik bening di bagian kotak, kemasan earphone ini tergolong keren dan sedikit sentuhan warna emasnya membuatnya terlihat lebih ‘mahal’.

LIT yang saya beli berwarna hitam, terdapat branding SOUL di bagian ear buds dan universal button / controller saja. Tidak terlalu menonjol memang tapi setidaknya tidak menganggu desainnya. Keseluruhan produk ini terbuat dari plastik, kecuali tentu saja pada bagian ear tips dan ujung kabelnya. Hal ini membuat bobotnya jadi ringan, kabarnya sih hanya 11 gram saja.

Bagian universal button / controller tergolong kecil atau mungkin jari saya yang kebesaran, jadi saya pribadi kesulitan menekan tombolnya, apalagi tombolnya ini lumayan memerlukan tenaga untuk menekannya.

Secara desain, LIT ini bisa dikatakan SANGAT BIASA. Bahkan jika tidak diperhatian secara teliti, sulit membedakannya dengan earphone KW yang biasa dijual antara 14-50 ribu Rupiah. Saya harap sih build quality-nya cukup kuat setidaknya selama 6 bulan ke depan 😀

Performa

Hal pertama yang saya sukai dari LIT adalah kualitas bass yang dihasilkan bisa jauh melebihi harganya. Tapi, mengingat bahwa sebagian besar produk-produk dari Soul Electronics sebenarnya ditujukan untuk mereka yang gemar beraktivitas dan berolahraga, tentu kualitas bass yang baik ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan sebenarnya.

Sayangnya, performa bass yang baik ini tidak diikuti oleh kualitas suara vokal yang dihasilkan. Kualitas suara vokalnya sebenarnya tidaklah buruk, tapi karena belakangan saya menggunakan beberapa earphone dan headphone yang berbeda-beda, saya tahu bahwa kualitas suara vokal dari LIT ini masih kurang.

Kualitas mic bawaannya bukanlah kualitas nomor satu, tapi kalau untuk sekedar menelpon, masih cukup jernihlah dengan tambahan sedikit noise.

Kesimpulan

LIT dari Soul ini sekilas sulit dibedakan dengan earphone murah atau KW yang banyak beredar di luar sana, tapi jika kamu bukan orang yang terlalu peduli dengan desain, tapi menginginkan kualitas suara yang baik dengan harga yang murah, LIT ini adalah pilihan yang tepat.

Ringan tapi sebenarnya cukup kokoh adalah apa yang saya pribadi rasakan saat memakai earphone ini, walau tombolnya terasa terlalu kecil dan sulit ditekan, setidaknya mic-nya berfungsi dengan baik dan memenuhi fungsinya sebagai sebuah mic untuk berkomunikasi.

Related Incoming Search Term:

Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Apple Pie Smoothie Bowl
Aneka Kue Tradisional Indonesia yang Bisa Dibuat Tanpa Oven
Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya
4 Minuman Teh Unik dari Seluruh Dunia
Kenapa Sulit Menolak Minuman Bersoda?
SAO II Sinon
SAO Wallpaper Kini Tersedia di CNET
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron