Blogger

Review Jujur Hosting Murah Niagahoster

Memilih web hosting itu sebenarnya susah-susah-gampang. Susah yang pertama, karena ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan seperti harga, performa, spesifikasi dan teknologi. Susah yang kedua, karena bukan hanya web hosting itu sendiri yang harus diperhatikan tapi juga kualitas pelayanan dari perusahaan dibaliknya. Gampangnya, karena dari sekian banyak penyedia web hosting Indonesia maupun luar negeri, menemukan yang “terbaik” adalah sesuatu yang mudah.

“Terbaik” sebenarnya merupakan sesuatu yang relatif dan sangat subjektif. Bagi saya pribadi, web hosting terbaik itu bukan yang memberikan spesifikasi serba unlimited atau pun yang selalu bisa menjawab pertanyaan konsumen dalam hitungan detik. Web hosting terbaik bagi saya adalah yang mampu memberikan “most bang for the buck”, atau apa yang didapat sangat sesuai dengan apa yang dibayar.

Menjelang akhir 2017 saya sudah punya rencana untuk memindahkan blog yang saya miliki ke penyedia web hosting yang memiliki data center di Indonesia. Alasannya sederhana, seluruh konten dan sebagian besar pengunjung blog saya berbahasa dan berasal dari Indonesia. Jadi, dengan memindahkan blog tersebut ke Indonesia, saya berharap bisa memberikan kecepatan akses yang lebih baik bagi pengunjung.

Niagahoster datang pada saya disaat yang tepat dan memperbolehkan saya untuk menjajal layanan mereka. Jika diharuskan memberi nilai, secara keseluruhan nilai bagi Niagahoster adalah 8.5/10. Mau tau alasan kenapa saya memberi nilai tersebut? Silakan lanjutkan membaca.

alasan memilih niagahoster

Kualitas Customer Service

Saya sebenarnya tipikal orang yang lebih suka mengatasi masalah yang berhubungan dengan website menggunakan tutorial yang saya dapatkan di internet. Tapi, terkadang saya juga suka ‘mengusik’ customer service penyedia layanan untuk mencaritahu apakah mereka bisa memberikan solusi yang lebih baik dan seberapa cepat respon mereka.

Niagahoster harus saya acungi jempol dalam urusan ini karena mereka bukan hanya memberikan satu cara untuk menghubungi customer service, tapi empat, yaitu tiket, chat (di website dan Facebook), email dan telepon. Saya hanya sempat mencoba ‘mengusik’ mereka melalui chat di website dan saya mendapat respon yang cepat dan terpenting lagi, ramah.

Pilihan Paket yang Sesuai Kebutuhan

pilihan paket niagahoster

Saya tidak bisa bilang jika pilihan paket web hosting yang diberikan Niagahoster itu beragam, tapi menurut saya pilihan paketnya sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna pada umumnya.

Paket Bayi adalah bagi mereka yang benar-benar baru pertama kali menjajal self-host website atau sekedar ingin mencoba kualitas layanan. Paket ini adalah satu-satunya paket yang tidak bisa saya rekomendasikan. Alasannya karena disk space-nya yang terbilang kecil dan tidak mendapat domain gratis.

Paket Pelajar menurut saya adalah paket yang cocok bagi orang seperti saya. Saya sudah memiliki sedikit pengalaman berurusan dengan cpanel, self-hosting website terutama WordPress dan beberapa hal teknik lainnya. Tapi, di satu sisi, saya tidak mengelola banyak website, jadi saya tidak perlu fitur seperti unlimited addon domain pada paket yang lebih tinggi.

Paket Personal dan Bisnis di Niagahoster pada prinsipnya punya spesifikasi yang sama. Tapi, hal utama yang membedakan keduanya ada pada fitur keamanan dan support. Paket Bisnis tentu mendapat prioritas dalam urusan support dan fitur keamanan yang lebih canggih.

Dari empat pilihan paket tersebut, Paket Pelajar dan Paket Personal adalah yang paling memberikan ‘most bang for the buck’. Sekarang, tinggal memilih tergantung kebutuhan. Jika mengelola banyak website, pilihannya sudah pasti Paket Personal, tapi jika mengelola kurang dari 10 website dan ingin sedikit berhemat, Paket Pelajar juga tidak ada salahnya.

Performa Hosting

server uptime

Niagahoster mengklaim bahwa mereka menggunakan Datacenter Tier-4, tapi sebenarnya apa sih Datacenter Tier-4? Pembagian tier pada datacenter ini berdasarkan uptime-nya. Jadi, tier 1 bisa memberikan garansi uptime tingga 99,671% sementara tier 4 memberikan garansi uptime hingga 99,995%. Perbedaanya terasa kecil memang, tapi pada skala besar, hal semacam ini sangatlah berpengaruh.

Saya sempat melakukan percobaan sederhana dengan melakukan ping kepada website saya yang menggunakan Niagahoster dengan datacenter di Indonesia dan blog ini yang menggunakan penyedia layanan lain dan data center yang berada di Amerika Serikat. Hasilnya website pertama memberikan respon dalam rata-rata 35 ms sementara blog ini memberikan respon dalam rata-rata 290 ms. Ping ini sebenarnya bisa dipengaruhi banyak hal, terutama karena ISP saya adalah ISP Indonesia. Tapi ini adalah awal yang baik, dengan sedikit optimasi, maka website pertama tersebut akan bisa diakses lebih cepat lagi oleh pengunjung dari Indonesia.

Saya menggunakan uptimerobot.com untuk memonitor performanya selama kurang lebih 29 jam, dan ini adalah hasilnya. Terjadi satu kali down selama 16 menit. Saya pribadi tidak yakin apakah hal ini karena servernya memang down atau tidak, karena menurut pengalaman saya, Error 522 di CloudFlare memang sering terjadi pada website yang menggunakan shared hosting dan memakai plugin yang hyperactive seperti website yang saya tes tersebut.

uptimerobot niagahoster

Baik Hati dan Customer-Friendly

Selain segi teknologi dan teknis, Niagahoster juga termasuk penyedia layanan yang baik hati dan customer-friendly. Saya bisa menyebut mereka baik hati bukan sekedar karena kualitas customer service-nya tapi karena sebagai perusahaan mereka sering memberikan promo dan diskon hampir setiap bulan dengan penawaran-penawaran yang menarik, mulai dari diskon domain, diskon web hosting Indonesia hingga potongan harga pada paket VPS.

Bukan hanya promo dan diskon pada produk-produk mereka, penyedia hosting dan domain satu ini juga membagikan beberapa Ebook Gratis yang dibagikan secara cuma-cuma, kategori Ebook yang bisa diunduh pun sangat beragam mulai dari tutorial, marketing hingga branding.

Lalu, kenapa customer-friendly? Karena memberikan pilihan pembayaran yang sangat-sangat beragam, bahkan menerima pembayaran via PayPal dan Indomaret, suatu metode pembayaran yang jarang saya temui di penyedia layanan lainnya.  Pilihan metode ini sangat-sangat memudahkan saya sebagai customer, ditambah mereka memberikan garansi uang kembali selama 30 hari, walau saya pribadi belum bisa mencoba fitur layanan yang satu ini.

Kesimpulan

bisnis online

Dari sekian banyak faktor lainnya yang dimiliki Niagahoster, empat hal diatas adalah yang menurut saya benar-benar menjadi keunggulan mereka sebagai sebuah penyedia layanan hosting terbaik. Mengklaim sebagai salah satu penyedia hosting murah dengan market share terbesar di Indonesia sudah seharusnya tidak membuatnya hanya berbangga-bangga diri, masih banyak yang bisa dan harus ditingkatkan.

Dari mata saya sebagai pelanggan, segi harga sudah sangat bersaing di pasaran, kualitas pelayanannya sudah sangat baik, model bisnisnya sudah sehat dan yang terpenting, program “CSR” seperti bagi-bagi Ebook dan mengadakan event bagi UKM sangat-sangat membantu. Jadi, untuk kalian yang ingin punya website sendiri untuk keperluan pribadi, branding atau bahkan untuk usaha, Niagahoster adalah pilihan hosting terbaik.

Resep Membuat Kue Putri Salju
Cara Mengobati Flu dengan Cepat
Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Hati-Hati! 4 Penyakit Ini Ternyata Berbahaya Bagi Pengemudi Mobil
Selain Ilija Spasojevic, Ini 4 Pemain Sepakbola yang Tinggal Menuggu Jadi WNI
5 Momen Pertama yang Jangan Sampai Dilewatkan Sebagai Orangtua
Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya
Kesan Bermain Path of Exile dan Grim Dawn
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
Kesan Bermain Tyranny
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron