Happy Time

Review HP Gaming Headset H300

Belakangan, muncul apa yang disebut sebagai Headset Gaming yaitu headset yang sengaja didesain untuk kebutuhan bermain game. Headset jenis ini biasanya punya beberapa keunggulan seperti nyaman dipakai dalam jangka waktu lama, memiliki mic yang menghasilkan suara jelas, menghasilkan suara yang jernih dan memiliki desain yang cantik.

Saya pribadi bukan gamer kompetitif dalam artian, saya tidak memerlukan headset gaming kelas atas yang harganya bisa jutaan Rupiah. Saya hanya perlu sebuah headset gaming yang nyaman digunakan. Setelah beberapa lama mencari, pilihan saya jatuh pada HP Gaming Headset H300.

HP Gaming Headset H300, sebut saja HP H300 saja biar pendek di pasaran Indonesia harganya antara 280-350 ribu Rupiah saat artikel ini ditulis (Agustus 2017). Headset gaming ini tidak terlihat mewah, bahkan cenderung punya desain yang sederhana, tapi bagi saya pribadi masih cukup elegan.

Jika ingin menonton versi video dari review ini, silakan langsung klik link ini. Atau tonton dibawah artikel ini.

Review HP Gaming Headset H300

Review saya mulai dari bagian penyangga utama berupa metal ganda yang saya harap cukup kuat dan bisa bertahan lama. Bagian cup cukup empuk dan saya sudah coba, terasa masih cukup nyaman digunakan dalam jangka waktu lama, mengingat biasanya seseorang yang bermain game bisa menghabiskan waktu lebih dari satu jam.

Bagian mic nya sudah saya coba dan suaranya cukup jelas walau kadang terasa terlalu sensitif untuk ukuran gaming headset. Sayangnya, tidak seperti headset gaming lain yang bagian mic ini bisa dilipat atau bahkan dilepas, mic pada HP H300 ini didesain untuk tegak menghadang, tidak bisa dilipat keatas dan hanya bisa digerakkan dengan gerakan yang terbatas saja.

Sekarang, review ke bagian yang menjadi favorit saya. HP H300 ini dibekali dengan kabel sepanjang kira-kira 2 meter, lapisan luarnya terasa lentur tapi juga masih cukup kuat menurut saya. Di ujung kabel terdapat 3 ujung, dua ujung yang umum terdapat pada headset dan sebuah ujung USB.

Jangan senang dulu, headset ini tidak memiliki fitur yang mampu menggunakan ujung analog atau USB, ujung USB-nya memiliki dua tujuan yaitu menjadi sumber daya untuk dua fitur menjual yang dimiliki HP H300 ini yaitu lampu LED di bagian cup dan fungsi getar. Yap, getar seperti saat bermain menggunakan kontroler di konsol.

Lampu LED pada bagian cup ini membuatnya akan terlihat lebih ‘mewah’ dan ‘mahal’, sementara fungsi getar cukup menarik karena ini pertama kalinya bagi saya merasakan sensasi headset yang bergetar dan berdentum mengikuti alunan bass atau suara keras dan rendah lainnya dari sumber berupa lagu, video atau video game. Fungsi getar ini bisa dimatikan dengan menekan tombol yang ada di cup sebelah kiri, cukup tersembunyi, terutama karena ukurannya yang kecil dan warnanya yang sama dengan sekitarnya.

Untuk kualitas suara, saya bisa bilang cukup pantas disandingkan dengan headset yang harganya antara 2 – 3 kali lebih mahal. Kualitas suara ini, masih sangat enak untuk digunakan untuk bermain video game, tapi rasanya masih kurang jika digunakan untuk mendengarkan musik. Menonton film juga cukup enak menggunakan headset ini, sensasi getarnya memberikan nuansa berbeda saat menonton.

Kesimpulan saya pribadi, headset gaming ini adalah tipikal budget headset atau entry-level yang tidak menawarkan banyak selain fungsi-fungsi utama dari sebuah headset dengan tambahan berupa lampu LED dan fungsi getar. Kalau kamu mencari headset gaming yang benar-benar bagus, saya tetap menyarankan headset gaming dari nama-nama yang sudah terkenal dengan produk headset gaming mereka. Tapi, jika kamu mencari headset gaming yang sekedar bisa  menemanimu saat bermain game, HP Gaming Headset H300 ini adalah pilihan yang sangat tepat. Harga dan apa yang ditawarkannya sangat setara.

Related Incoming Search Term:

Resep Membuat Kue Putri Salju
Cara Mengobati Flu dengan Cepat
Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Hati-Hati! 4 Penyakit Ini Ternyata Berbahaya Bagi Pengemudi Mobil
Selain Ilija Spasojevic, Ini 4 Pemain Sepakbola yang Tinggal Menuggu Jadi WNI
5 Momen Pertama yang Jangan Sampai Dilewatkan Sebagai Orangtua
Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron