How to

Resep Membuat Kue Putri Salju

Namanya “Putri Salju”, tapi sepertinya kue ini tidak berasal dari negeri dongeng. Merupakan salah satu kue kering paling umum saat Lebaran atau Natal selain kue kering nastar. Biasa berbentuk bulan sabit dan memiliki warna putih dari gula tabur yang yang penuh penyelimutinya, sungguh sebuah kenikmatan penuh rasa manis yang kalau di makan terlalu banyak bisa menyebabkan naiknya gula darah dan batuk.

Nama “Putri Salju” mungkin karena warnanya yang putih dan rasanya yang manis seperti seorang putri. Bukan hanya itu, sensasi dingin-dingin di mulut saat memakannya mungkin tidak terasa seperti makan salju, tapi mengingatkan kita pada salju di musim dingin walau sensasi dingin ini berasal dari gula tabur yang menyelimutinya.

Sekian ‘definisi singkat’ dari Kue Putri Salju, dibawah ini adalah Resep Membuat Kue Putri Salju dengan sedikit tambahan dan penjelasan (semoga tidak salah).

Bahan-bahan yang diperlukan :

  • 225 gram mentega tawar atau bisa diganti dengan campuran antara 125 gram mentega dan 100 gram margarine.
  • Menggunakan mentega memberikan cita rasa dan aroma yang lebih kuat. Sementara campuran antara mentega dan margarine menghasilkan cita rasa dan aroma yang tidak terlalu kuat, namun kue jadi lebih renyah.
  • 50 gram gula halus. Haluskan gula pasir menggunakan blender untuk mendapatkan gula halus.
  • 2 buah kuning teluar. Penggunaan kuning telur menghasilkan kue yang lebih lembut dan meleleh di mulut, namun memiliki remah dan tidak begitu keras. Bisa juga menggunakan 2 buah telur utuh jika ingin kue yang lebih keras.
  • 1/4 sendok teh garam. Jika menggunakan bentega asin, jangan ditambahkan lagi.
  • 1/2 sendok teh ekstrak vanili atau 1/4 sendok teh vanili bubuk.
  • 200 gram tepung terigu. Direkomendasikan mengguankan tepung terigu protein rendah untuk kue yang lebih lembut.
  • 50 gram tepung maizena
  • 1/2 sendok teh baking soda
  • 50 gram susu bubuk
  • 200 gram kacang almond bubuk. Kacang almond ini bisa diganti dengan kacang mete atau kacang tanah mentah yang dihaluskan. Berguna untuk menambah tekstur dan rasa. Tapi, boleh tidak ditambahkan jika tidak suka.
  • Gula tabur secukupnya. Gula halus yang biasa digunakan untuk Kue Putri Salju biasa disebut “gula tabur untuk donat” dan memiliki sensasi dingin ketika dimakan.

Cara membuat Kue Putri Salju

  1. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, baking soda dan susu bubuk dalam sebuah wadah.
  2. Di wadah berbeda, campurkan mentega atau mentega dan margarine dengan gula halus. Aduk menggunakan mixer atau alat lainnya hingga halus, lembut dan berwarna pucat.
  3. Setelah campuran gula dan mentega berwarna pucat, tambahkan kuning telur, garam dan vanilla lalu aduk kembali hingga tercampur dengan baik.
  4. Tambahkan campuran tepung terigu ke campuran mentega dengan cara diayak, tambahkan pula kacang almond yang sudah dihaluskan pada tahap ini jika ingin.
  5. Aduk perlahan campuran ini hingga tercampur dengan baik, tapi jangan terlalu lama. Terutama jika menambahkan kacang almond agar teksturnya tidak hilang.
  6. Siapkan selembar kertas untuk memanggang dan ratakan adonan tersebut diatasnya kira-kira setebal 1 cm.
  7. Cetak adonan tersebut dengan cetakan khusus. Umumnya, kue putri salju berbentuk bulan sabit, tapi sebenarnya bisa saja menggunakan cetakan dengan bentuk lain agar anti-mainstream.
  8. Saat ditata diatas loyang untuk memanggang, jarak antara kue tidak terlalu jauh karena kue ini tidak mengembang.
  9. Panggang selama 10 – 15 menit pada suhu 160 derajat dengan api bawah. Tanda kalau kue ini sudah siap adalah kalau permukaanya terlihat keemansan. Atau pada suhu 170 derajat jika menggunakan telur utuh.
  10. Setelah matang, dinginkan terlebih dahulu. Lalu ‘guyur’ dengan gula tabur sesuai selera. Kemudian bisa langsung dinikmati atau dimasukkan ke dalam toples.

Selamat mencoba!

Resep Membuat Kue Putri Salju
Cara Mengobati Flu dengan Cepat
Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Hati-Hati! 4 Penyakit Ini Ternyata Berbahaya Bagi Pengemudi Mobil
Selain Ilija Spasojevic, Ini 4 Pemain Sepakbola yang Tinggal Menuggu Jadi WNI
5 Momen Pertama yang Jangan Sampai Dilewatkan Sebagai Orangtua
Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron