Blogger

Portal Teknologi TipsPintar.com Dimata Saya

Setelah masuk SMA dan sekarang sudah kuliah semester akhir, saya sudah jarang sekali melakukan review terhadap sebuah situs. Saya belakangan cenderung lebih suka menulis review seputar video game, film atau kadang-kadang produk yang saya pakai sendiri. Alasannya karena menulis ulasan seputar hal-hal tersebut jauh lebih mudah karena ada banyak referensi dan informasi yang bisa didapatkan secara bebas dan mudah di internet.

Tapi, untuk kali ini, saya akan melakukan sebuah pengecualian dan menulis review tentang TipsPintar.com, portal teknologi terlengkap di Indonesia yang walaupun baru berdiri pada awal tahun 2017 tapi saya pribadi rasa sudah berada di jalur yang benar untuk menjadi salah satu portal berita teknologi yang bisa diperhitungkan dalam beberapa tahun ke depan.

Pemilihan URL dan Nama TipsPintar

Setelah sekitar mungkin 5 tahunan ‘bekerja’ sebagai blogger paruh-waktu dan mungkin hampir 10 tahun mengenal dunia blogging, saya sudah melihat banyak sekali nama website, mulai yang benar-benar keren hingga yang terkesan nyeleneh. Nama dan URL TipsPintar.com sendiri bagi saya pribadi punya kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan :

Masih memakai dot com. Jumlah domain dot com yang tersedia semakin hari semakin sedikit, banyak orang yang mulai beralih ke “next-TLD” seperti dot xyz, tapi netizen Indonesia, dimana masih banyak sekali early adopter, cenderung hanya mengenal dot com. Maka pemilihan memakai dot com sudah sangat tepat.

Kelemahan :

Nama kurang brandable. Nama portal teknologi ini memang termasuk mudah dieja dan cukup familiar. Sayangnya, menurut saya pribadi, nama ini terlalu generic dan kurang brandable. Tapi, pemilihan namanya masih memungkinkan portal ini untuk melakukan pivot di masa mendatang jika memang diperlukan.

Pemilihan Desain, Warna dan Teknologi

Sejujurnya, saya suka dengan desain website dari TipsPintar.com, portal teknologi ini sudah dioptimasi dengan sangat baik untuk perangkat mobile, mulai dari pemilihan jenis font, spacing dan pilihan menu ‘off-canvas‘ yang dimilikinya sangat nyaman untuk perangkat mobile.

Sayangnya, untuk perangkat desktop, optimasinya masih terasa kurang. Saya menggunakan layar berukuran 15 inchi, terdapat ruang kosong yang terasa menganggu. Saat berusaha mencari tahu ruang kosong terjadi karena apa, saya menemukan bahwa saat ukuran layarnya sedikit lebih dikecilkan, terdapat iklan pada ruang tersebut. Mungkin ruang kosong tersebut juga bisa memunculkan iklan saat diakses menggunakan layar wide-screen. Hal ini seharusnya bisa dioptimasi lagi.

Ada iklan

Ruang kosong

Saya pribadi juga kurang sreg dengan animasi di bagian navigasi pada perangkat desktop, hanya perlu diperhalus sedikit maka akan jadi lebih baik.

Pemilihan warnanya juga sudah baik, bagi saya warnanya adalah merah dengan kecenderungan ungu. Sebuah warna yang menurut saya baik-baik saja untuk sebuah website. Secara psikologi juga tidak ada masalah dengan sebuah portal teknologi.

Dibalik TipsPintar.com ada engine WordPress yang berjalan (sepertinya) dan sudah menggunakan SSL alias HTTPS, jadi keamanan data di website ini sudah terjamin dengan baik.

Off-Page

Secara off-page, saya agak malas mengomentari unsur SEO-nya karena harus melakukan ‘investigasi’ yang benar-benar mendalam. Jadi, saya hanya¬† fokus pada optimasi di sosial medianya saja. Di Instagram khususnya, TipsPintar.com melakukannya dengan benar-benar baik, konten mereka diupdate secara berkala dengan informasi yang menarik dan bermanfaat.

Sayangnya, untuk Twitter dan Facebook, saya tidak bisa mengatakan hal yang sama. Entah disengaja atau tidak, tapi konten yang terdapat di Twitter dan Facebook seperti menggunakan tool otomatis sehingga hasilnya muncul dengan template yang sama. Dari pengalaman pribadi saya, cara seperti ini memang cenderung praktis dan mudah tapi exposure yang bisa didapat cenderung lebih kecil.

Detail-Detail Kecil Lainnya

Detail pertama yang sudah sangat bagus adalah informasi yang lengkap seputar disclaimer, FAQ dan informasi mengenai situs itu sendiri. Detail semacam ini sering dianggap remeh oleh banyak orang, tapi ketika sebuah situs memilikinya, hal tersebut bisa melindungi pengunjung dan pemilik situs dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Tapi, ada satu detail yang saya rasa harus segera ditambahkan oleh TipsPintar.com yaitu sebuah page khusus mengenai orang-orang yang bertanggungjawab dibalik website ini. Saya sempat membaca beberapa page yang menuliskan tentang “Redaksi”, jadi seharusnya ada sebuah page khusus mengenai siapa saja bagian dari redaksi tersebut. Tujuannya? Meningkatkan kepercayaan pada situs tersebut.

Kesimpulan

TipsPintar.com bagi saya pribadi sudah ada di ‘kereta dan jalur yang tepat’ untuk menjadi salah satu portal teknologi yang cukup populer di Indonesia. Masih ada banyak hal yang harus diperbaiki sebelum hal tersebut terwujud seperti optimasi tampilan dan optimasi di sosial media. Segi konten tidak saya komentari karena dengan melihat penjudulan masing-masing artikel saja, saya sudah tahu bahwa setidaknya ada satu orang dibalik situs ini yang mengerti SEO dengan cukup baik.

Resep Membuat Kue Putri Salju
Cara Mengobati Flu dengan Cepat
Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Hati-Hati! 4 Penyakit Ini Ternyata Berbahaya Bagi Pengemudi Mobil
Selain Ilija Spasojevic, Ini 4 Pemain Sepakbola yang Tinggal Menuggu Jadi WNI
5 Momen Pertama yang Jangan Sampai Dilewatkan Sebagai Orangtua
Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron