Perbedaan ROS PC Version dan ROS (Steam)

Rules of Survival (ROS) adalah game battle-royale yang secara mengejutkan muncul di Steam dengan harga $2.99 atau sekitar 30 ribu Rupiah. Kenapa mengejutkan? Karena ROS sebenarnya bisa didownload secara gratis di Google Play Store maupun Apple AppStore dan sudah memiliki emulator atau “PC Version”-nya sendiri.

Terlepas dari kontroversi dan isu plagiat antara NetEase dan PUBG Corp. ROS merupakan game yang memiliki basis penggemar dan pemain yang cukup besar di seluruh dunia ditambah konten (kostum dan aksesoris) yang lebih banyak dan beragam dibandingkan para pesaingnya.

Berikut ini beberapa perbedaan ROS PC Version dan ROS (Steam)

Gratis vs. Berbayar

Seperti sudah dituliskan diawal bahwa Rules of Survival sebenarnya merupakan game gratis yang diklaim menempati posisi #1 di 55 negara. Pencapaian ini tidak terlepas dari kepopuleran genre battle-royale itu sendiri dan ROS merupakan salah satu game yang sukses membawa battle-royale ke platform mobile sebelum perilisan PUBG Mobile.

ROS PC version sendiri sebenarnya merupakan emulator Android untuk PC yang sudah disesuaikan dan didesain hanya untuk bermain ROS. Tapi, PC version tersebut memang hanya sebatas emulator namun bisa didownload secara gratis.

ROS (Steam) tampaknya juga memakai konsep yang sama dengan ROS PC version yaitu berjalan diatas sebuah emulator Android untuk PC. Perbedaanya, ROS (Steam) harus ditebus dengan harga $2.99.

Berbeda Server

NetEase selaku developer mengungkapkan bahwa ROS (Steam) menggunakan server yang berbeda dengan ROS di mobile maupun PC version. Belum jelas mengenai pembagian server untuk ROS (Steam), namun melihat dari ketersediaannya di seluruh dunia, kemungkinan ROS (Steam) menggunakan World Wide Server untuk saat ini.

Perbedaan server ini mengakibatkan untuk saat ini, akun ROS (Steam) tidak bisa dihubungkan dengan akun ROS dari perangkat mobile. Berbeda dengan ROS PC version yang akunnya bisa terhubung dengan ROS dari perangkat mobile.

Namun, sisi baiknya, banyak pemain melaporkan bahwa keberadaan cheater di ROS (Steam) jauh lebih sedikit dibandingkan ROS mobile maupun ROS PC version. Entah hal ini karena NetEase menambah fitur keamanan untuk ROS (Steam) atau hanya para cheater yang merasa kurang menguntungkan untuk bermain menggunakan cheat untuk sebuah game berbayar dan berpotensi mendapat banned pada akun Steam mereka.

Montly Pass dan Hadiah Lainnya

NetEase sepertinya mengerti bahwa harga yang mereka pasang setidaknya harus memberikan nilai tambah bagi para pembelinya. Maka, bagi para pembeli ROS (Steam), maka akan mendapatkan kostum Butler secara cuma-cuma ditambah Monthly Pass yang memberikan diamond secara berkala secara gratis.

Walau ada beberapa pemain yang dilaporkan belum mendapatkan diamond, namun NetEase berjanji untuk mengatasi dan mengirim ulang diamond tersebut kepada para pembeli.

Kesimpulan

Jadi, secara garis besar ada beberapa perbedaan antara ROS PC version dan ROS (Steam) yaitu:

  1. ROS PC version itu GRATIS, sementara ROS (Steam) harus ditebus seharga $2.99
  2. ROS (Steam) memiliki server yang berbeda dengan ROS PC version.
  3. Akun ROS PC version bisa dihubungkan dengan ROS di mobile, sementara akun ROS (Steam) BELUM bisa dihubungkan dengan ROS di mobile.
  4. ROS (Steam) memiliki populasi cheater yang lebih sedikit, kemungkinan besar karena sistem VAC yang dimiliki oleh Steam.
  5. ROS (Steam) memberikan hadiah dan monthly pass kepada para pembelinya.

Related Incoming Search Term: