Pentingnya K3 Teknisi Service Listrik

Anda ingin memulai bisnis service genset 24 jam atau service panel listrik, jangan lupa bekali teknisi anda dengan K3. Apa itu K3? K3 adalah singkatan dari keamanan, kesehatan, dan keselamatan kerja. Tujuan dari K3 kelistrikan adalah :

  1. Menjamin instalasi listrik sesuai dengan penggunaannya
  2. Mencegah timbulnya bahaya kebakaran, sentuhan langsung dan tidak langsung

Keselamatan kerja listrik berhubungan dengan alat,bahan, proses tempat, dan cara melakukan pekerjaannya. Ini dilakukan untuk melindungi tenaga kerja dan orang-orang disekitarnya yang menggunakan listrik. Undang-undang no 1 tahun 1970 sudah mengatur tentang pasal-pasal keselamatan untuk pekerja listrik.

Penyebab utama kematian yang berhubungan dengan listrik adalah :

Menggunakan peralatan tanpa perawatan yang baik

Ini sangat perlu diperhatikan dan dilakukan secara rutin karena perawatan yang baik akan membuat alat bekerja dengan maksimal.

Kerja terlalu dekat dengan kabel listrik yang bertegangan tinggi

Pada pelatihan K3 teknisi listrik akan dibekali bagaimana menginstalasi dan memperbaiki listrik walaupun tegangan yang tinggi

Penggalian kabel bawah tanah bertegangan

Kenapa ini menjadi salah satu penyebab kematian, karena banyak sekali penggali kabel bawah tanah yang tidak dibekali dengan pengetahuan kelistrikan. Banyak pekerja galian hanya menggali saja tanpa memperhatikan keselematan.

Menggunakan peralatan yang tidak sesuai dengan standarnya

Menggunakan peralatan yang tidak sesuai dengan standarnya sangat berakibat fatal untuk petugas dan orang-orang disekitarnya. Bisa saja alat yang tidak sesuai itu membuat listrik menjadi korslet dan terbakar.

Ini lah kenapa pelatihan K3 itu sangat penting, karena listrik bukan hal yang bisa dicoba-coba dan dilakukan oleh sembarang orang. Butuh pengetahuan khusus dan pengalaman yang sangat banyak. Pelatihan ini sudah jelas diajarkan oleh orang-orang yang ahli dalam bidang kelistrikan, mereka bukan hanya mengajar teori tetapi juga mempraktekan cara kerjanya  Jika anda ingin membuka bisnis di bidang listrik bekali selalu teknisi anda dengan pelatihan K3 bukan hanya untuk keselamatan pekerja anda saja tetapi juga kualitas dari perusahaan yang anda buat.