Catatan

Para Pemimpin dan Kecerdasan Emosional

Seberapa cerdas pun seseorang, walau punya deretan gelar di belakang namanya, tidak akan mungkin bisa menjadi seorang pemimpin tanpa memiliki kecerdasan emosional yang baik. Perbedaan antara mereka yang merupakan pemimpin hebat dengan mereka yang biasa-biasa saja sebenarnya sangat kecil, tapi perbedaan itu biasanya sangat mudah terlihat dari bagaimana mereka menggunakan kecerdasan emosionalnya.

Contohnya, kita semua pasti tau seberapa pentingnya rasa empati dan mendengarkan, tapi seberapa banyak dari kita yang mau menerapkan semua rasa empati tersebut dalam sebuah tindakan nyata?

Pada kenyataannya, kita semua bisa menjadi seorang pemimpin. Walau tidak mudah, tapi semua itu dimulai dari mengerti apa yang diperlukan seorang pemimpin, khususnya lagi dalam aspek kecerdasan emosional yang dimiliki oleh para pemimpin hebat.

kecerdasan emosional

Mau Mendengarkan

Seorang pemimpin selalu ingin belajar, dan salah satu cara untuk belajar adalah dengan mendengarkan. Menjadi pendengar yang baik menunjukan rasa hormat kita pada pendapat orang lain. Pemimpin yang baik akan mengajak orang-orang yang dipimpinnya untuk mengajukan pertanyaan dan mengatakan masalah yang dihadapi.

Dimulai dari mendengarkan masalah dan aspirasi dari orang lain, kemudian menggunakan posisinya sebagai pemimpin untuk mengatasi masalah tersebut. Tanpa mau mendengarkan, pemimpin tidak akan tau bagaimana membantu orang lain dan mencapai kesuksesan.

Bersikap Baik dan Benar

Memposisikan diri dengan tepat sangat penting ketika berkomunikasi dengan orang, jika tidak dilakukan dengan baik dan benar, seorang pemimpin bisa dianggap terlalu lemah atau bahkan arogan. Mengenali sikap orang lain juga sama pentingnya, seperti orang yang terlihat gelisah mungkin sedang gugup atau bosan. Selain itu, jangan berbicara saat orang lain sedang berbicara pula, itu artinya kita tidak mendengarkan apa yang dibicarakan orang tersebut. Seorang pemimpin yang hebat akan dengan mudah memposisikan dirinya serta mengenali sikap lawan bicara sehingga bisa menguntungkan dirinya dalam berbagai situasi.

Mengerti Arti Kegagalan

Kegagalan bukanlah akhir segalanya, bahkan pemimpin yang hebat akan segera bangkit dari sebuah kegagalan dan belajar dari hal tersebut. Pemimpin yang hebat dengan kecerdasan emosional yang baik akan belajar banyak dari kegagalannya sehingga tidak akan mengulangi kesalahan itu lagi dan menghasilkan sesuatu yang jauh lebih baik.

Menganalisa Orang Lain dengan Cepat

Cukup dengan memperhatikan sikap saat berjalan atau kata pertama yang diucapkan seseorang, seorang pemimpin yang hebat bisa mendapat kesimpulan mengenai seseorang. Penilaian ini tidak didasarkan pada perasaan atau perkataan orang lain, tapi lebih kepada sains dan psikologi. Cara terbaik untuk mempelajarinya adalah dengan membaca buku seputar psikologi manusia dan lebih banyak memperhatikan.

Kemampuan semacam ini bisa sangat menguntungkan untuk mempersiapkan diri dan mendapat sesuatu yang sama-sama menguntungkan dari orang lain.

Tetap Tenang

Saat kebanyakan orang melihat jalan buntu, seorang pemimpin akan terus menyemangati orang lain untuk terus maju. Hal ini tentu perlu tekad yang kuat dan kepercayaan pada orang lain serta fokus untuk terus maju. Pemimpin hebat selalu bisa tetap tenang dibawah tekanan berat, seperti seorang kapten tim sepakbola yang terus memotivasi timnya saat waktu istirahat babak pertama walau tertinggal 2-0.

Pemimpin yang sukses tau bahwa dia harus terus menguatkan dan menyemangati timnya apapun yang terjadi, karena tanpa tim, mereka bukanlah pemimpin.

Selalu Berkata dan Bertindak dengan Tujuan

Para pemimpin terkadang bisa jadi sangat emosional, kadang hal ini bisa menjadi sebuah inspirasi tapi kadang juga bisa membuat orang lain salah sangka. Pemimpin yang baik mengetahui bagaimana harus berbicara di saat yang tepat, walau kadang mereka sulit menemukan kata yang tepat untuk mengungkapkannya. Tidak buang-buang waktu untuk percakapan yang tidak penting seperti debat kusir.

Tindakan juga harus diperhitungkan dengan matang, tidak melakukan hal-hal yang hanya membuang-buang waktu dan tenaga. Beralih ke kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat baik bagi pribadi maupun orang lain.

Menjaga Hubungan yang Sehat

Berhasil menjaga hubungan yang baik adalah tanda dari kecerdasan emosional yang baik. Tapi, menjaga hubungan yang TEPAT untuk tetap sehat adalah tanda dari seorang pemimpin. Menjaga lingkaran pertemanan yang sehat adalah kunci untuk memiliki sisi emosional yang lebih stabil. Tidak semua orang yang kita temui dan kenal akan selalu dekat dengan kita selamanya, jadi dengan menjaga hanya mereka yang memberi efek positif tetap dekat dan yang memberi efek negatif tetap menjauh, seorang pemimpin tidak akan kehabisan waktu dan tenaganya untuk mengurusi sesuatu yang tidak penting.

Mau Mengevaluasi Diri

Mau mengevaluasi diri sangat penting agar seseorang bisa terus menjadi lebih baik. Mau menuliskan dimana kita perlu untuk menjadi lebih baik adalah cara untuk menjadi jujur pada diri sendiri dan menciptakan sebuah mindset bahwa kita perlu terus belajar. Tapi, terlalu banyak akan hal ini bisa menjurus pada rasa tidak percaya diri yang berlebihan.

Pemimpin yang baik selalu ingin menjadi lebih baik, sehingga mengevaluasi diri adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya. Daripada menyalahkan orang lain, dia mempertanyakan dimana dia bisa menjadi lebih baik.

Setelah membaca tulisan ini sampai disini, apakah kamu merasa bahwa dirimu memiliki kecerdasan emosional yang baik? Jika iya, maka jadilah seorang pemimpin.

Resep Membuat Kue Putri Salju
Cara Mengobati Flu dengan Cepat
Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Hati-Hati! 4 Penyakit Ini Ternyata Berbahaya Bagi Pengemudi Mobil
Selain Ilija Spasojevic, Ini 4 Pemain Sepakbola yang Tinggal Menuggu Jadi WNI
5 Momen Pertama yang Jangan Sampai Dilewatkan Sebagai Orangtua
Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron