OnePlus One dan Android Oreo

Pada tulisan saya mengenai pengalaman menggunakan OnePlus One selama dua tahun, ada harapan semoga perangkat ini mendapat update setidaknya hingga Android O. Dan sepertinya harapan itu sudah satu langkah lebih dekat untuk terkabul.

Di forum XDA Developers, salah satu forum terbesar bagi pengguna Android. Ada setidaknya dua orang (tim) yang mengerjakan Android Oreo untuk OnePlus One, dan uniknya lagi, keduanya menggunakan basis yang berbeda.

Satu orang dengan nama akun Agent_fabulous, dia merupakan seorang pelajar dari India dan sudah cukup berpengalaman dalam mengerjakan custom ROM terutama untuk OnePlus One dan Xperia L. (cek threadnya disini)

Bersama timnya, dia membangun Android O untuk OnePlus One berbasis AOSP. AOSP sendiri adalah singkatan dari Android Open Source Project, dengan kata lain, versi Android yang benar-benar murni yang dirilis oleh Google. Saat artikel ini ditulis, custom ROM-nya sudah memasuki tahap Alpha dimana hampir seluruh fitur sudah berfungsi namun masih terdapat banyak bug sehingga belum direkomendasikan untuk pengguna harian.

Orang kedua dengan nama akun jhalayashraj yang juga berasal dari India. Dia adalah orang dibalik custom ROM bernama LegendROM untuk beberapa perangkat Android keluaran OnePlus seperti One, OnePlus 3 dan OnePlus 5. (cek threadnya disini)

Dia membangun Android O untuk OnePlus One berbasis Android O yang telah dirilis tim LineageOS. LineageOS sendiri untuk yang belum tau adalah kelanjutan dari project CyanogenMod yang dinonaktifkan oleh Cyanogen, tapi diambil alih dan diaktifkan kembali oleh komunitasnya sebagai LineageOS.

Sampai artikel ini ditulis, versi Android O atau LineageOS 15.0 ini masih berada pada tahap Alpha namun beberapa fitur utama seperti kamera dan bluetooth belum berfungsi dengan baik.

OnePlus One dan Android Oreo

Oke, jadi bisa disimpulkan bahwa OnePlus One setidaknya akan mendapat dan bisa menjalankan Android Oreo. Permasalahannya, kemungkinan besar versi yang akan tersedia adalah versi “UNOFFICIAL” alias tidak resmi, dalam artian, versi tersebut dikerjakan dan dirilis oleh perseorangan atau tim berukuran kecil, bukan langsung berasal dari peracik aslinya seperti LineageOS atau AOSPA.

Secara jangka pendek, kehadiran Android Oreo di OnePlus One akan memperpanjang umur perangkat ini setidaknya selama beberapa bulan hingga benar-benar tidak didukung lagi, baik secara resmi maupun tidak resmi. Namun, masalahnya ada pada jangka panjangnya.

Versi “UNOFFICIAL” bukannya buruk, tapi karena versi-versi ini dikerjakan oleh tim yang berjumlah kecil dan pasti memiliki kesibukannya masing-masing, versi seperti ini biasanya memakan lebih waktu untuk menanggulangi bug dan berbagai masalah yang muncul pada custom ROM-nya.

Harapan saya pribadi sih agar tim dibalik LineageOS sekali lagi mempertimbangkan OnePlus One sebagai perangkat resmi untuk LineageOS 15.0 atau lebih banyak lagi developer yang mau mengembangkan custom ROM Android Oreo berbasis LineageOS atau AOSPA untuk OnePlus One.

Yang bisa dilakukan saat ini hanyalah menunggu, jika tidak ada halangan, seharusnya dalam beberapa bulan sudah tersedia versi Beta atau Stable dari Android Oreo untuk OnePlus One baik berbasis LineageOS atau AOSPA.

Bakat Anda, Modal Anda Membuat Usaha Sampingan
How to Become a Guest Speaker at Branded Events
Tips Mencari Rumah Dijual di Jakarta
3 Hal yang Sebaiknya Jangan ‘Didoktrin’ pada Anak Laki-Laki
Apa Sebenarnya Manfaat Minum Air Hangat Ditambah Perasan Lemon?
Alasan Kenapa Memiliki Sepeda Motor Listrik di Indonesia itu Menguntungkan
Pentingnya Memperhatikan Suku Bunga Sebelum Melakukan Pinjaman
4 Penyebab Kulit Kering yang Jarang Diketahui
Tips, Trik dan Cheat BarbarQ
Vainglory Red Lantern 2018 Event
Balik Lagi ke Vainglory
4 Soundtrack Terpopuler dari Film-Film Indonesia
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron