Blogger

Membuat Website Dengan Biaya Dibawah 1 JUTA Rupiah!

Tahun 2014 lalu, saya pernah menulis tentang perkiraan modal awal yang diperlukan untuk memulai bisnis jual-beli blog (baca : Modal Awal Bisnis Jual-Beli Blog). Dalam 3 tahun, artikel tersebut tampaknya sudah kurang relevan karena belakangan agak sulit untuk membuat sebuah blog yang baik dengan modal hanya 360 ribu. Jadi, artikel ini bisa dianggap sebagai artikel Modal Awal Bisnis Jual-Beli Blog 2.0 dari saya.

Ada empat elemen utama yang akan menghabiskan biaya dalam pembuatan sebuah website yaitu domain, hosting, desain dan promosi. Yap, promosi harus dimasukan dalam elemen pembuatan sebuah website karena tanpanya, website tidak akan pernah ditemukan oleh siapapun. Oke, mari mulai berhitung.

Mendaftarkan Domain

Domain adalah hal pertama yang harus diperhitungkan, sesuaikan dengan ide dan topik utama dari website yang ingin dibuat. Harga domain biasanya sangat bervariasi antara satu registar dengan registar yang lain. Tapi, perlu diperhatikan beberapa hal sebelum membeli domain.

  1. Apakah registar memberikan Domain Name System (DNS) Management. Hal ini penting untuk mendapatkan kontrol penuh atas domain yang sudah kita daftarkan.
  2. Apakah registar menawarkan Whois ID Protection. Hal yang satu ini sebenarnya opsional, tapi untuk mencegah pencurian identitas dan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya untuk mencari registar yang menawarkan Whois ID Protection.

Harga domain : Rp.68.000 (kalau ada promo, biasanya hanya tahun pertama) – 200.000

Mencari Penyedia Hosting

Hal berikutnya yang harus diperhitungkan adalah hosting. Memilih hosting ini agak sedikit tricky, karena memilih hosting yang terlalu ‘lemah’ pada akhirnya akan merepotkan sementara memilih hosting yang terlalu ‘kuat’ justru akan buang-buang uang.

Karena pada artikel ini website yang dimaksud akan berbasis WordPress dan pada dasarnya bisa difungsikan sebagai website, blog maupun toko online, maka spesifikasi MINIMUN yang harus dimiliki hosting pilihan adalah 5GB Disk Space dan mendukung WordPress. Hal lain yang harus diperhitungkan dalam memilih hosting adalah lokasi server / data center-nya, jika website akan sepenuhnya berbahasa Indonesia, alangkah baiknya memilih lokasi server di Indonesia.

Dengan teknologi hosting saat ini (Tahun 2017), banyak penyedia hosting yang menggunakan teknologi CloudLinux OS, LiteSpeed Web Server dan Pure SSD tapi mampu menawarkannya dengan harga yang sangat menarik.

Harga hosting : Rp.300.000 – Rp.600.000

Memilih Desain Website

Desain yang dimaksud disini adalah pilihan theme yang ingin digunakan. Sebenarnya, ada banyak sekali theme WordPress GRATIS berkualitas premium yang bertebaran di internet. Apa yang diperlukan adalah ketekunan dan waktu untuk menemukannya. Ingat! Theme WordPress Gratis itu bukannya jelek, hanya saja fiturnya mungkin tidak selengkap yang berbayar.

Sedikit saran, jika ingin membeli sebuah theme, pilihlah theme yang sesuai dengan tujuan website. Jika tujuannya membuat blog, pilihlah theme yang memang didesain untuk sebuah blog, sebaliknya, jika ingin membuat toko online, pilihlah theme yang memang ditujukan untuk hal tersebut. Alasannya? Multiple-purpose theme biasanya berharga jauh lebih mahal daripada sebuah theme yang didesain secara spesifik.

Ada cara lain untuk mendapat theme WordPress premium namun dengan harga lebih murah, yaitu mencari orang yang memiliki developer license dari sebuah theme dan menawarkan jasa untuk menginstallkan theme tersebut pada website lain. Kelemahannya : Update harus dilakukan secara manual dan update hanya akan didapat selama pemilik developer license tersebut memperpanjang licensenya.

Harga theme : Gratis – Rp.500.000

Mempromosikan Website

Tipe promosi sebuah website dapat dikategorikan dalam dua tipe yaitu :

  1. Tipe Mobil Balap
  2. Tipe Mobil Keluarga

Tipe mobil balap sesuai namanya bisa mencapai garis akhir dengan sangat-sangat cepat, sayangnya, kecepatan yang didapatkan harus mengorbankan dua hal, yaitu jumlah orang yang bisa diangkut dan risiko yang sangat tinggi terjadinya insiden ditengah jalan. Promosi tipe mobil balap ini mengutamakan mencapai tujuan akhir dengan cepat, menggunakan segala cara yang memungkinkan seperti spam hingga Black Hat Marketing. Walau ada kemungkinan berhasil, kemungkinan dan efek dari kegagalannya juga sangat tinggi seperti website mendapat blacklist atau deindex.

Tipe mobil keluarga tidaklah cepat, bahkan cenderung lambat tapi punya dua keunggulan yaitu konstan (terus berjalan) dan bisa menangkut banyak orang tapi pada akhirnya akan sampai juga di tujuan. Promosi tipe mobil keluarga mengutamakan dua hal itu pula yaitu promosi secara konstan dan dilakukan di banyak platform, namun dibangun secara perlahan dan tidak buru-buru. Tipe promosi ini juga dikenal sebagai tipe promosi yang organic.

Promosi bisa dilakukan secara berbayar dengan membeli backlink atau jasa marketing atau dilakukan secara gratisan memanfaatkan media gratisan seperti sosial media, email pribadi dan dari mulut ke mulut.

Harga promosi : Gratis – Rp.500.000

Kesimpulan

Menghitung perkiraan harga tertinggi dari keempat elemen diatas mungkin menghasilkan angka yang jauh diatas 1 juta Rupiah. Tapi, biar saya berbagi sedikit tips dan triknya.

Pertama, pilihlah penyedia hosting yang diinginkan, usahakan bisa mendapatkan penyedia yang sedang menawarkan promo, apalagi promo berulang. Jangan hanya sekedar mencari yang harganya murah, tapi lihat juga track record-nya terutama dalam menangani pelanggan dan kecepatan responnya.

Kedua, barulah memilih domain yang diinginkan. Tipsnya sama, carilah penyedia domain murah yang sedang mengadakan promo. Umumnya, promo yang ditawarkan adalah harga yang super murah di tahun pertama, kemudian kembali ke harga normal di tahun berikutnya.

Ketiga, jika menggunakan theme gratis, sisa budgetnya bisa sepenuhnya digunakan untuk promosi. Tapi, sebaliknya, jika mengutamakan tampilan website, maka gunakanlah teknik-teknik promosi yang lebih murah atau bahkan gratis.

Salah satu contoh penyedia domain dan hosting yang saya rekomendasikan adalah Exabytes Indonesia. Pertama, mereka menawarkan domain beserta DNS Managementnya bahkan Whois ID Protection dan SSL secara GRATIS. Kedua, paket Web Hosting Indonesia termurah yang ditawarkan menyediakan disk space hingga 10GB dengan harga dibawah Rp.500.000. Dengan memilih membeli domain dan hosting di Exabytes Indonesia, kita sudah bisa berhemat cukup banyak dan sisa budgetnya bisa difokuskan pada desain dan/atau promo.

Resep Membuat Kue Putri Salju
Cara Mengobati Flu dengan Cepat
Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Hati-Hati! 4 Penyakit Ini Ternyata Berbahaya Bagi Pengemudi Mobil
Selain Ilija Spasojevic, Ini 4 Pemain Sepakbola yang Tinggal Menuggu Jadi WNI
5 Momen Pertama yang Jangan Sampai Dilewatkan Sebagai Orangtua
Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya
Kesan Bermain Path of Exile dan Grim Dawn
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
Kesan Bermain Tyranny
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron