Kumpulan Custom ROM Android Oreo Untuk OnePlus One

Pada September 2017 lalu, saya pernah menuliskan tentang perkembangan awal custom ROM berbasis Android Oreo untuk OnePlus One (bacon). Kini, sekitar 6 bulan berselang, setidaknya ada 12 custom ROM berbasis Android O yang tersedia untuk bacon. Hal ini belum ditambah beberapa developer termasuk LineageOS yang menunjukan 'gejala' sedang mempersiapkan custom ROM mereka.

Berikut ini adalah daftar custom ROM berbasis Android Oreo (8.0/8.1) yang tersedia untuk OnePlus One (bacon), diurutkan secara acak.

AOSP Extended (AEX)

Download AOSP Extended Oreo for Bacon

AOSP Extended (AEX) berbasis AOSP namun dengan banyak sekali tambahan, terutama fitur-fitur yang berhubungan dengan kustomisasi perangkat. Sifatnya yang menggambil hal-hal terbaik dari custom ROM lain dan menggabungkannya dalam sebuah custom ROM yang stabil dan diperbarui secara berkala membuatnya menjadi salah satu pilihan terbaik.

CarbonROM

Download CarbonROM Oreo for Bacon

CarbonROM menggunakan basis AOSP, basis Android yang sama yang digunakan oleh Google Pixel. Bedanya, Carbon menambahkan sentuhan-sentuhan dan modifikasi pada custom ROM miliknya, baik yang terlihat bagi pengguna maupun kode-kode di belakang layar yang membuatnya terasa lebih ringan dan mulus saat digunakan.

CandyROMs

Download CandyROMs Oreo for Bacon´╗┐

Saat artikel ini ditulis, CandyROMs 8.1 masih berstatus Beta. Dari versi-versi terdahulunya, custom ROM satu ini selalu berfokus pada memberikan kustomisasi terbaik dan terbanyak pada para penggunanya.

Unofficial AOSP

Download Unofficial AOSP Oreo for Bacon´╗┐

Developer dari versi unofficial AOSP ini merupakan salah satu yang pertama yang berhasil membawa Android Oreo ke OnePlus One. Pada masa-masa awalnya, masalah terdapat pada kamera dan banyak sensor, namun saat ini versi tersebut sudah stabil dan seharusnya sudah bisa digunakan secara harian.

Ressurection Remix 6.0

Download Ressurection Remix 6.0 (Oreo) for Bacon

RR merupakan penyempurnaan dari Remix OS, namun belakangan RR dikenal sebagai custom ROM yang berbeda jauh dari Remix OS. RR terkenal sebagai custom ROM yang menerapkan cherry-picking, mengambil hal-hal terbaik dari ROM lain yang mengaplikasikannya pada ROM mereka. RR bukan hanya penuh kustomisasi, namun juga tetap berjalan dengan mulus.

TugaPower 7.0

Download TugaPower 7.0 (Oreo) for Bacon

Sempat mengalami sedikit masalah pada kamera diawal kemunculan (hal ini juga dialami oleh banyak custom ROM Oreo lain untuk OnePlus One), TugaPower berhasil menyelesaikan masalah tersebut dan sepertinya sudah cukup stabil saat artikel ini ditulis. Jadi, silakan dicoba dan rasakan sendiri.


Jangan Sampai Salah Memilih AC! Berikut Ini Pilihannya.
Bumbu Masak Nasi Goreng dari Royco Agar Lebih Enak
Bakat Anda, Modal Anda Membuat Usaha Sampingan
How to Become a Guest Speaker at Branded Events
Tips Memilih Asuransi yang Tepat Bagi yang Masih Single
Kenapa Harus Beli Tas Sekolah Asli Buatan Pengrajin Indonesia
Inovasi digital banking
Inovasi Digital Banking Untuk Kemudahan Hidup
Pengertian Dan Jenis Furniture Office
Kesan Bermain Radical Heights
Review ROCK Zircon
Bicara tentang Nasib Vainglory
Kesan Bermain Slay The Spire
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron