Kenali Kesehatan Alat Reproduksi Anda dengan Menyimak Ulasan Berikut Ini!

Haid merupakan periode bulanan yang memang dialami oleh seorang wanita, sebagai indikasi masa ovulasi atau terbentuknya kembali sel telur pada rahim wanita. Haid ini sendiri biasanya akan ditandai dengan munculnya darah pada daerah kewanitaan setiap periodenya secara teratur, dimana darah ini merupakan bentuk lunturnya sel-sel endometrium dari dinding rahim. Masa haid pada wanita sendiri biasanya akan berlangsung dalam kurun waktu 3 hingga 14 hari. Siklus haid ini sendiri akan mulai terjadi pada seorang wanita, ketika mereka berusia 11 hingga 51 tahun.

Siklus haid dalam diri seorang wanita ini terjadi secara wajar dan merupakan indikasi bahwa kesehatan alat reproduksi dalam diri mereka dalam keadaan yang normal. Jika seorang wanita mengalami ketidaklancaran dalam siklus haid setiap periodenya, maka akan sangat disarankan bagi mereka untuk mengkonsultasikan kesehatan alat reproduksi mereka kepada dokter yang memang ahli dalam bidangnya, untuk mengetahui mengapa haid tidak lancar selalu dialami.

Secara umum ketidaklancaran dalam siklus haid ini dapat menandakan bahwa alat reproduksi dalam diri Anda tidak dalam kondisi normal. Adapun indikasi yang terjadi pada kondisi haid yang tidak lancar, antara lain adalah:

  • Seorang wanita dalam keadaan hamil, kondisi kehamilan biasanya akan menyebabkan indung telur berkembang sehingga lapisan darah dalam dinding rahim akan terus bertahan. Lakukanlah tes kehamilan untuk mengetahui hal ini terjadi dalam diri Anda.
  • Menopause merupakan kondisi dimana masa haid akan hilang dalam diri seorang wanita. Menjelang datangnya masa inilah nantinya haid yang terjadi dalam diri mereka akan menjadi tidak teratur.
  • Memasang alat kontrasepsi juga dapat mengakibatkan seorang wanita mengalami masa menstruasi yang tidak teratur.

Selain kondisi tersebut, terkadang siklus menstruasi yang tidak teratur pun dapat mengindikasikan adanya gangguan kesehatan pada bagian-bagian tubuh manusia, terutama yang terkait dengan alat reproduksi dalam diri mereka. Segera konsultasikan kesehatan alat reproduksi Anda dengan ahli kesehatan yang ada. Kini sistem konsultasi secara online pun dapat Anda lakukan melalui fasilitas yang memang disediakan oleh situs tanya guesehat.