EEAAA

Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya

Pada masa modern saat ini semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat pada umumnya. Seperti halnya memiliki kulkas. Alat elektronik yang satu ini sudah menjadi suatu kebutuhan yang harus dimiliki setiap masyarakat modern. Kulkas sendiri memiliki fungsi untuk mengawetkan makanan agar masih segar sebelum digunakan sehingga tidak membusuk atau terkena bakteri dan jamur.

Dengan kata lain, bahan makanan yang disimpan dalam kulkas juga membantu untuk mengawetkannya tanpa merusak bentuk dan cita rasa aslinya. Saat ini sudah banyak sekali industri elektronik yang menghasilkan kulkas. Produsen-produsen ini berlomba-lomba menghasilkan inovasi baru dalam sistem penyimpanan bahan makanan dan semakin kreatif dalam merancang model kulkas agar bukan hanya kegunaannya saja yang diminati masyarakat, namun model rancangan yang semakin apik yang membuat siapapun ingin memilikinya.

Dibalik segala kelebihan yang dihasilkan oleh lemari pendingin ini, ternyata banyak sekali komponen-komponen yang begitu kompleks di dalamnya. Inilah komponen utama yang terdapat di dalam kulkas :

Minyak Pelumas Mesin

Pada kompresor biasnaya dihasilkan semcam penggerak. Oleh karena itu, untuk memudahkan pergerakannya pasti membutuhkan pelumas. Pelumas ini berupa oli khusus yang hanya digunakan untuk kompresor kulkas saja, dan tidak bisa diganti dengan sembarang oli.

Overload

Sebut saja alat ini merupakan fungsi kebalikan dar thermostat. Overload mampu secara otomatis memutus aliran jika mendeteksi adanya suhu panas berlebih yang dihasilkan. Letaknya menempel pada kompresor dan berfungsi agar tidak terjadi konsleting ketika kompresor mengalami overheating atau panas berlebih di dalamnya.

Timer Otomatis

Alat ini berfungsi untuk mengatur arus listrik pada rangkaian kulkas. Pada kulkas model baru biasanya tidak menggunakan timer, namun masih menggunakan PCB Modul  sebagia alat control kelistrikan. Alat ini hanya terdapat pada kulkas dua pintu saja dan  letaknya berada di bagian luar atas kulkas serta dekat dengan kompresor.

Heater Kaca

Heater kaca memiliki fungsi untuk mencairkan bunga es yang menimbun di freezer sehingga gumpalan yang tertimbun tidak semakin tebal dan menutup seluruh bagian freezer. Namun, alat ini hanya bisa kita temui pada kulkas dua pintu saja. Oleh sebab itu, lemari es satu pintu sering menglami penggumpalan bunga es yang berlebih karena memang tidak ada heather kaca ini.

Kompresor

Kompresor merupakan komponen utama dalam proses pendinginan kulkas. Alat ini memiliki sistem pendingin sendiri dengan fungsi memompa bahan pendingin ke seluruh bagian kulkas hingga ke rak-rak kulkas. Cara kerja kompresor dibagi menjadi tiga cara. Pertama adalah sebagai alat penghisap. Dalam hal ini kompresor menciptakan proses yang nantinya membuat cairan refrigerant akan di kondensasi. Kedua adalah sebagai alat penekanan. Kompresor akan memproses bagian refrigerant sehingga menghasilkan gas yang dapat ditekan agar nantinya tekanan yang sudah tinggi tersebut di alirkan menju kondensor.

Filter

Filter atau biasa disebut penyaring merupakan alat yang berfungsi untuk menyering segala ‘benda asing’ yang masuk bersama dengan aliran pendingin yang masuk. Biasanya benda asing ini berupa debu , bakteri dan jamur yang jika dibiarkan akan menumpuk pada kompresor dan menyumbat aliran pendingin ke seluruh bagian kulkas. Dengann melakukan fiterisasi maka pendingin yang disalurkan nantinya akan bebas dari kotoran-kotoran lainnya.

Kondensor

Kondensor berfungsi untuk memutar aliran kalor yang selanjutnya akan diturunkan tempearturnya dan diubah dari bentuk zat gas menjadi bentuk cairnya. Gas yang memiliki tekanan tinggi selanjutnya kan dirubah menjadi bentuk cairan. Posisi kondensor sendiri diletakkan di depan radiator agar alat ini tetap dingin pada suhu tinggi. Pipa kondensor di desain berliku pada setiap paralelnya dengan fungsi agar ketika kondensor melepas kalor dapat dilakukan lebih cepat.

Fuse

Fuse sendiri terdirir dari dua tipe yaitu tipe panas dan dingin. Fungsi dari fuse adalah sebagai pengatur suhu. Alat ini sering sekali mengalami keruskan. Pada beberapa kasus, fuse yang rusak tidak bisa mencatat suhu yang tepat dibutuhkan oleh kulkas untuk mendinginkan makanan di dalamnya. Alat ini letaknya menempel dengan thermostat dan evaporator, oleh karena itu alat ini sering disebut dengan Thermo-Fuse karena memang kerja thermostat juga berkaitan erat dengan kerja fuse.

Thermostat

Thermostat atau temperature control ini berfungsi untuk mencegah pembekuan pada kipas evaporator sehingga aliran udara tetap lancar. Thermostat biasanya berfungsi otomatis seusai suhu yang sudah diatur, namun dapat juga diatur sesuai suhu yang diinginkan. Pada beberapa kasus sering terjadi tidak tepatnya suhu yang dihasilkan pendingin bahkan bisa berada di bawah -2 derajat celcius dan menciptakan pembekuan, nah disinilah fungsi thermostat bekerja.

Evaporator

Evaporator terbuat dari bahan anti karat (tembaga dan aluminium) yang memiliki fungsi untuk menyerap panas dari barang-barang yang dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini disebabkan karena kondensor butuh untuk mengubah cairan pendingin dan dirubah dalam bentuk gas. Evaporator terdiri dari elemen-elemen putih, pipa-pipa yang luas serta blower.

Kulkas juga merupakan rakitan manusia, dimana tentunya alat ini memiliki keterbatasan dalam fungsinya. Berikut adalah cara-cara menangani beberapa kerusakan pada kulkas :

Penyebab Kulkas 2 Pintu Tidak Dingin Sama Sekali

  •  Pastikan kabel kulkas sudah tersambung pada aliran listrik
  • Cek kompresor kulkas dan cek apakah kompresor hidup atau tidak
  • Jika compressor tidak bisa hidup coba pastikan timer pada kulkas bekerja. Coba putar sedikit, jika kompresor hidp, maka kemungkinan bagian yang rusak adalah Thermo-Fuse atau pada bagian Heater
  • Cek thermos-fuse dengan membuka penutup blower dan evaporator. Untuk pengecekan, anda harus memiliki Multimeter

Penyebab Kulkas 1 Pintu Kurang Dingin

  • Coba cek pada pipa yang menuju gas Freon. Apakah pipa tersubat dalam keadaan bersih atau tersumbat. Jika ada hal-hal yang mengganjal aliran gas Freon segera lakukan pembersihan pada pipa tersebut untuk memperlancar aliran gas Freon.
  • Cek aliran listrik kulkas anda, apakah stabil atau tidak stabil, karena apabila listrik anda tidak stabil hal ini yang menyebabkan oli dapat naik ke pipa evaporator dan mengganggu kinerja kulkas anda.
  • Cek kerekatan karet pada pintu kulkas. Pastikan pintu kulkas anda tertutup dengan rapat karena apabila pintu kulkas tidak tertutup dengan sempurna dapat menyebabkan udara atau angin di dalam kulkas akan keluar melalui celah pintu yang tidak tertutup itu dan menybebabkan kulkas anda tidak bisa mencapai suhu dingin yang anda harapkan.
  • Cek bimetal apakah pada suhu normal atau tidak. Untuk pengecekannya, atur bimetal pada suhu dibawah 13 derajat celcius. Jika pada suhu tersebut maka seharusnya multimeter akan terhubung.

Related Incoming Search Term:

Resep Membuat Kue Putri Salju
Cara Mengobati Flu dengan Cepat
Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Hati-Hati! 4 Penyakit Ini Ternyata Berbahaya Bagi Pengemudi Mobil
Selain Ilija Spasojevic, Ini 4 Pemain Sepakbola yang Tinggal Menuggu Jadi WNI
5 Momen Pertama yang Jangan Sampai Dilewatkan Sebagai Orangtua
Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron