Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum beli Speaker Bluetooth

Di era yang semakin modern yang didampingi dengan kemajuan teknologi, kini speaker telah dijadikan sebagai pelengkap peralatan audio yang wajib dimiliki. Bahkan seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang ini telah hadir speaker dengan desain yang lebih menarik dan canggih, salah satunya speaker dalam bentuk wireless atau nirkabel yang memanfaatkan Bluetooth atau WiFi sebagai penghubungnya.

Dengan perkembangan speaker tersebut pun, tentunya sangat dimanfaatkan oleh berbagai vendor elektronik untuk berlomba-lomba menciptakan speaker Bluetooth yang lebih berkualitas dan spesifikasi yang canggih, sehingga tak heran jika sekarang ini banyak merk speaker Bluetooth yang beredar di pasaran.

Tak dapat dipungkiri, memang dengan adanya teknologi speaker Bluetooth dapat memudahkan dalam penggunaannya. Misalnya ketika Anda bekerja dalam ruang pribadi, dalam kendaraan atau ketika berekreasi di luar ruangan, tentunya penggunaannya lebih praktis, sebab Anda bisa menggunakannya tanpa perlu menghubungkan ke sumber listrik.

Selain itu, beberapa merk speaker Bluetooth, kini juga telah membekalinya dengan resolusi yang tinggi, sehingga speaker wireless mampu menghasilkan volume besar dengan suara yang lebih jernih, serta mampu memberikan suasana yang lebih hidup dalam ruangan atau sebuah acara tertentu.

Dengan banyaknya merk speaker Bluetooth yang ada di pasaran, pasti akan membuat Anda bingung merek mana dan pesifikasi bagaimana yang akan dipilih. Nah, agar nantinya merk yang Anda pilih tak mengecewakan, maka ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika mencari speaker Bluetooth. Apa sajakah hal yang perlu Anda dipertimbangkan tersebut? Simak tips berikut ini:

Apakah Tahan Lama?

Hal yang paling utama dalam memilih merk speaker Bluetooth adalah ketahanan dari speaker tersebut. Ketahanan yang dimaksud adalah, tahan terhadap percikan api dan benturan, sehingga Anda bisa membawanya dengan bebas ke berbagai tempat yang diinginkan, seperti ketika perjalanan jauh atau tempat-tempat wisata lainnya.

Apalagi jika Anda suka mendaki gunung, maka dengan ketahanan yang baik tentunya speaker Bluetooth tersebut aman terhadap guncangan.

Perlu Anda ketahui, ketahanan sebuah speaker dipengaruhi oleh bahan pembuatan serta desain yang dimiliki. Sehingga sebelum memilih speaker Bluetooth, pastikan Anda mengecek terlebih dahulu kondisi fisik, bahan dasar pembuatan, serta desain yang disematkan dalam merk speaker Bluetooth tersebut.

Daya Baterai yang Dimiliki

Tentunya Anda ingin menggunakan speaker Bluetooth dengan nyaman bukan? Nah, selain memperhatikan kondisi fisik dari speaker, Anda juga harus mempertimbangkan daya baterai yang dimiliki. Sebab jika speaker Bluetooth memiliki kapasitas baterai yang semakin besar, maka akan semakin tahan lama ketika digunakan.

Apalagi bagi Anda yang sering menggunakannya di luar ruangan, maka energi listrik yang dibutuhkan oleh baterai harus semakin besar. Jadi sebaiknya pastikan Anda memilih speaker dengan daya baterai yang besar agar lebih aman dalam penggunaannya.

Kualitas Suara yang Dihasilkan

Memiliki fungsi sebagai pengeras suara, tentunya hal yang harus dipertimbangkan dari sebuah speaker adalah suara yang dihasilkan. Jika suatu speaker memiliki kualitas yang baik, maka suara musik yang akan didengar lebih indah, serta mampu menghasilkan suara bass dan dentuman yang sama dengan aslinya.

Perlu Anda ketahui, semakin tinggi resolusi dari sebuah speaker, maka akan semakin mampu menghasilkan frekuensi yang tinggi, sehingga kualitas suaranya akan sangat terjamin pula.

Nah, speaker yang bagus adalah speaker yang memiliki rentan frekuensi 10Hz hingga 20.000Hz. Dan untuk memudahkan Anda dalam mencari spesifikasi ini, maka sebelum menentukan merk speaker Bluetooth tertentu, pastikan melihat mencari tahu spesifikasi terlebih dahulu dengan membaca kemasan atau bisa bertanya secara langsung kepada penjual sebelum membelinya.

Apakah Praktis dalam Penggunaannya?

Jika speaker merupakan sebuah perlengkapan audio yang wajib Anda bawa ketika bepergian, maka pilihlah jenis speaker yang praktis untuk dibawa. Dalam hal ini, Anda bisa memilih speaker dengan ukuran yang kecil serta berat yang ringan. Meski memiliki ukuran yang kecil, beberapa merk speaker Bluetooth tetap memberikan spesifikasi yang tinggi dalam produk speaker-nya, misalnya dengan resolusi yang tinggi dan daya baterai yang besar.

Banyakanya merk speaker Bluetooth memang membuat orang bingung untuk menentukan pilihan. Namun apapun merk yang Anda inginkan, pastikan pilih speaker Bluetooth dengan pertimbangan hal-hal di atas ya.