How to

Cara Terbaik Merekam Game di Android

Merekam game di PC adalah pekerjaan mudah, ada banyak software gratis ataupun berbayar yang menawarkan fitur untuk merekam aktivitas layar beserta input dari microphone. Untuk perangkat Android pun, merekam aktivitas layar adalah hal mudah karena sejak beberapa versi lalu (versi Android 5.0 keatas kalau tidak salah), Android memberikan aplikasi bawaan yang memiliki kemampuan untuk merekam aktivitas layar.

Bahkan fitur ini terintegrasi dengan Google Play Games dan YouTube yang memungkinkan bukan hanya merekam tapi juga streaming langsung ke YouTube. Sayangnya, ada satu kelemahan dari fitur ini, yaitu sumber suara yang direkam untuk saat ini hanya berasal dari microphone, bukan dari dalam perangkat.

Saya pribadi sudah mencoba beberapa aplikasi yang ‘katanya’ bisa merekam internal audio dari Android baik di Play Store maupun di luar Play Store, namun hanya ada satu aplikasi saja yang terbukti sukses melakukannya.

Perkenalkan,

SCR Screen Recorder

Aplikasi SCR Screen Recorder ini sudah mulai dikembangkan pada 2013 lalu dan sudah berhenti di update beberapa tahun belakangan. Pertama, kalian tidak akan menemukan aplikasi ini di Google Play Store, jadi, ceritanya tahun 2015 lalu, Google merilis aturan baru yang mengharuskan developer memperbaiki sebuah bug dalam 14 hari.

Sayangnya, developer SCR Screen Recorder tidak menerima kabar tersebut dan aplikasi ini pun terbuang dari Play Store, begitu juga akun Google Developer yang dimiliki. Fitur yang memungkinkan SCR Screen Recorder untuk merekam internal audio memang dilarang oleh Google karena memiliki kerentanan dari segi keamanan, tapi Android juga tidak memberikan solusi pada masalah ini.

Syarat Pemasangan SCR Screen Recorder

  1. Android harus merupakan versi antara Android 4.2 hingga Android 6.x.x
  2. Android harus sudah pada kondisi rooted

Syarat pertama karena aplikasi ini hanya mendukung Android 4.2 keatas namun hanya sampai versi Android 6.x.x. Kenapa? Kabarnya sih, Android 7.0 keatas memiliki batasan API yang menyebabkan developer kesulitan dalam mengembangkan fitur yang memungkinkan merekam internal audio dan lagi-lagi, Android tidak memberikan solusi.

Syarat kedua karena aplikasi ini memerlukan akses root pada SELinux dan hal itu hanya bisa dilakukan saat perangkat Android ada pada kondisi rooted.

Fitur dan Keunggulan SCR Screen Recorder

SCR Screen Recorder memberikan banyak sekali pilihan, mulai dari :

  • pilihan encoder,
  • pilihan resolusi video hingga 1080p,
  • pilihan penggunaan CPU atau GPU pada image transformation,
  • pilihan untuk melakukan Time-lapse video,
  • pilihan audio yang dipakai dalam video, mulai dari microphone, internal audio hingga microphone + internal audio,
  • sampling rate hingga 48kHz,
  • suara stereo (jika didukung oleh sistem),
  • face cam,
  • pilihan untuk menyembunyikan notifikasi dan banyak fitur lainnya.

Kabar baiknya lagi, setelah ‘terbuang’ dari Google Play Store, sang developer dengan baik hati membagikan aplikasi ini secara gratis melalui website resminya, bukan versi gratis, tapi versi premium dimana aplikasi ini tidak memiliki iklan sama sekali, tapi masih memiliki pilihan donasi bagi yang merasa ingin memberi donasi pada sang developer.

Download SCR Screen Recorder Pro

Related Incoming Search Term:

Resep Membuat Kue Putri Salju
Cara Mengobati Flu dengan Cepat
Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Hati-Hati! 4 Penyakit Ini Ternyata Berbahaya Bagi Pengemudi Mobil
Selain Ilija Spasojevic, Ini 4 Pemain Sepakbola yang Tinggal Menuggu Jadi WNI
5 Momen Pertama yang Jangan Sampai Dilewatkan Sebagai Orangtua
Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron