Mai Melali

‘Bahaya’ Saat Bermain di Pantai

Indonesia adalah negara kepulauan yang menjadikannya sebagai salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Tidak heran kalau banyak pantai-pantai indah yang akhirnya menjadi magnet bagi pariwisata, tersebar mulai dari Sabang sampai Merauke, ada nama-nama seperti Pantai di Pulau Belitung, Pantai Sawarna di Banten, Pantai Pandawa di Bali, Pantai Pink di Pulau Komodo dan masih banyak lagi pantai-pantai lainnya.

Bagi beberapa daerah seperti Bali, NTB dan NTT, pantai bahkan menjadi pusat pariwisata dimana objek-objek wisata lain, pusat kuliner hingga pusat perbelanjaan letaknya tidak akan terlalu jauh dari pantai. Tujuannya tentu saja untuk memaksimalkan potensi yang ada.

Indonesia yang memiliki iklim tropis sangatlah cocok dengan wisata pantai, dimana ada banyak cahaya matahari dan suhu yang hangat (walau kadang bisa sangat panas). Sayangnya, wisata di pantai tidak selalu aman, sama seperti tempat wisata lainnya, tempat wisata pantai juga menyimpan beberapa bahaya seperti;

Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari memang dikenal menyehatkan, terutama di pagi hari dimana terpapar sinarnya antara jam 8-9 pagi selama 5-15 menit dapat membantu tubuh mensintesis pro vitamin D menjadi vitamin D yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang. Sayangnya, terpapar sinar matahari, terutama di waktu siang hari juga bisa berdampak negatif.

Pertama adalah kulit kering karena paparan sinar matahari dan suhu yang panas. Cara mengatasinya sederhana, cukup dengan mengoleskan handbody untuk kulit kering. Masalah lainnya yang terjadi kalau terlalu sering dan lama terpapar sinar matahari adalah kulit menjadi hitam, cara mencegahnya adalah dengan mengoleskan tabir surya. Skenario terburuknya adalah radiasi yang dibawa sinar matahari bisa menyebabkan kanker kulit, cara mencegahnya lagi-lagi dengan mengoleskan tabir surya yang mengandung SPF tinggi antara SPF 20 atau SPF 30.

Air Laut dan Ombak

Bermain air di pantai memang selalu menyenangkan, terutama saat cuaca panas. Objek-objek wisata yang sudah mapan juga biasanya memiliki berbagai sarana penunjang pariwisata mulai dari berbagai macam olahraga air seperti banana boat, flying fish dan sebagainya hingga beberapa objek yang menawarkan keindahan terumbu karang melalui aktivitas menyelam dan snorkling.

Tapi, sayangnya air asin tidak bersahabat dengan kulit. Terpapar air asin terlalu lama dapat menimbulkan bercak hitam pada wajah hingga kulit yang terkelupas pada beberapa orang. Ombak dan arus bawah laut juga menjadi salah satu bahaya saat bermain di pantai. Untuk beberapa pantai yang sudah memiliki petugas penjaga pantai, dampak buruknya bisa dicegah bahkan dikurangi.

Biota Laut

Iklim tropis bukan hanya membawa sinar matahari dan suhu hangat saja, tapi di satu sisi membuat suatu daerah memiliki keanekaragaman biota yang tinggi, seperti di Indonesia dimana banyak terdapat jenis ikan dan terumbu karang. Tapi, tidak semua biota laut ini ‘bersahabat’ dengan manusia, biota-biota laut juga ada yang berbahaya bagi orang-orang yang berwisata di pantai.

Mulai dari hewan berukuran besar seperti hiu dan ikan pari hingga biota laut kecil yang tidak kalah berbahaya seperti bulu babi. Satu cara terbaik untuk mencegah harus mendapat bahaya dari biota-biota laut ini adalah Respect the nature, hargai mereka, jangan diganggu, selalu berhati-hati dan waspada.

Sampah

Tidak bisa dipungkiri kalau samudra adalah salah satu tempat sampah terbesar umat manusia di seluruh dunia, tidak jarang sampah dari suatu daerah akan terdampar ke pantai-pantai yang ramai didatangi wisatawan. Jenis sampahnya mulai dari dedaunan, sampah plastik, pecahan kaca hingga kayu-kayu berukuran besar.

Beberapa pantai memang sudah memiliki petugas kebersihan, tapi tidak ada salahnya kita sebagai wisatawan ikut serta menjaga kebersihan pantai. Karena jika tidak, sampah-sampah kecil yang tajam dan tersembunyi di pasir bisa membahayakan orang lain.

Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Apple Pie Smoothie Bowl
Aneka Kue Tradisional Indonesia yang Bisa Dibuat Tanpa Oven
4 Minuman Teh Unik dari Seluruh Dunia
Kenapa Sulit Menolak Minuman Bersoda?
SAO II Sinon
SAO Wallpaper Kini Tersedia di CNET
Info Lomba Terbaru 1.0
Info Lomba Terbaru 1.0 Apk
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
Beyond Skyrim, Satu Lagi Bukti Skyrim Belum Mati
Mobile Legends vs Vainglory vs Arena of Valor
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron