Apa Sebenarnya Manfaat Minum Air Hangat Ditambah Perasan Lemon?

Lemon adalah salah satu varian buah jeruk yang mulai populer di Indonesia. Buah ini bisa dijadikan lemonade atau jika menemukan resep lemon tea yang nikmat, maka tidak ada salahnya dijadikan campuran teh. Buah ini menjadi populer selain karena rasanya yang lebih enak dari jeruk nipis, juga karena manfaatnya yang banyak.

Sekitar tahun 2014, muncul tantangan melibatkan buah lemon bernama Lemon Water Challenge. Tantangan ini sebenarnya cukup sederhana, yaitu hanya rutin minum segelas air hangat yang dicampur perasan lemon setiap pagi selama 28 hari. Klaimnya, dengan melakukan tantangan ini, sangat banyak manfaat yang bisa didapat, mulai dari mencerahkan kulit hingga menurunkan berat badan.

Beberapa penulis dan praktisi kesehatan juga melakukan tantangan ini dan menuliskan pengalaman mereka mengenai apa manfaat yang mereka dapatkan setelah menyelesaikan tantangan ini. Secara umum, mereka menuliskan manfaat yang hampir serupa, diantaranya:

Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C dan zat lainnya membantu kulit menjadi lebih cerah, mengurangi kandungan minyak berlebih pada kulit dan mencegah jerawat. Kandungan antioksidan pada lemon dapat mengurangi noda hitam di kulit bahkan mencegah timbulnya keriput. Perasan air lemon juga bisa diusapkan pada bekas luka dan keriput untuk memudarkannya.

Meningkatkan Energi harian

Hampir semua dari kita tau jika vitamin C itu sangat bermanfaat, terutama mencegah sariawan. Tapi, mungkin sedikit yang tau bahwa vitamin C punya manfaat yang sangat luar biasa untuk mengatasi stress. Selain membantu melawan stress, dia juga sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dua hal inilah yang pada akhirnya disebut-sebut bisa meningkatkan energi harian dari seseorang. Saat stressnya berkurang dan sistem kekebalan tubuh lebih baik, maka seseorang akan merasa lebih bersemangat.

Memperlancar Pencernaan

Kandungan serat pektin pada buah lemon kabarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan usus alias pencernaan. Klaim lainnya mengatakan bahwa air lemon punya manfaat sebagai 'detoksifikasi' dari zat-zat hasil metabolisme yang harus dibuang keluar dari tubuh.

Jadi, dengan semakin lancarnya pencernaan, tentu tidak heran jika bisa berdampak pada penurunan berat badan pada beberapa orang yang mencoba Lemon Water Challenge.

Mempercepat Penyembuhan Flu

Flu biasa adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Minum air lemon hangat bukan hanya membantu penderita dengan rasanya yang enak dan menyegarkan tapi juga membantu proses penyembuhan berkat kandungan antioksidan dan vitamin C.

Jadi, untuk menyembuhkan flu, cukup istirahat yang cukup dan minum air lemon hangat secukupnya pula.

Membantu Menjaga Kesehatan Otak & Jantung

Lemon mengandung potasium yang sangat baik untuk kesehatan jantung, otak dan sistem saraf. Walau jumlah kandungannya tidak sebanyak pada buah pisang, tapi bagi yang tidak suka makan pisang setiap hari, lemon bisa menjadi alternatif yang tidak kalah sehat dan enaknya.

Dari banyaknya klaim 'luar biasa' yang dimiliki oleh minuman sederhana ini. Perlu diketahui bahwa sebagian besar diantaranya tidak didukung oleh sains, namun hanya klaim dari orang-orang yang sudah mencoba tantangan ini.

Khusus untuk klaim yang mengatakan bahwa lemon memiliki kandungan untuk mengecah seseorang mendapat berat badan berlebih. Klaim tersebut berasal dari studi yang dilakukan terhadap tikus muda, dimana tikus tersebut diberikan polifenol yang diekstrak dari lemon bukan air perasan lemon.

Tapi, apakah klaim-klaim dari para penulis dan praktisi tersebut adalah bohong belaka? Tidak juga. Apa yang dialami kemungkinan adalah 'Placebo effect', yang secara sederhana dapat diartikan bahwa seseorang mendapat manfaat dari sesuatu karena dia percaya hal tersebut memang bermanfaat, padahal sebenarnya mungkin saja tidak.