Blogger

Apa Itu Citation Flow dan Trust Flow?

Sebelum mulai, kita akan sepakati satu hal terlebih dahulu. Saya akan menyingkat Citation Flow menjadi CF dan Trust Flow menjadi TF agar lebih mudah dalam penulisannya, oke?

Kisah mengenai CF dan TF dimulai saat Google menghentikan update dari Google PageRank, sebuah sistem perankingan website yang digunakan oleh Google selama ini. Update terakhir dari Google PageRank ini adalah pada tahun 2013 dan banyak sekali spekulasi berkembang mengenai hal tersebut.

Oke, kita anggap saja Google telah berhenti menggunakan Google PageRank sebagai metrik mengukur kualitas sebuah website. Tapi, bagaimana pun Google tentu tetap memerlukan metrik untuk mengukur kualitas sebuah website bukan? Secara dia merupakan sebuah mesin pencari yang harus menampilan website terbaik di peringkat teratas.

Google PageRank is Dead

Sejak 2013, bermunculan berbagai metrik baru untuk mengukur kualitas sebuah website, yang paling terkenal hingga saat ini adalah Domain Authority (DA) dan juga Page Authority (PA). Metrik ini dianggap oleh banyak blogger dan webmaster adalah metrik yang digunakan juga oleh Google.

Belakangan ini, muncul juga metrik baru yaitu Citation Flow dan Trust Flow. Lalu, metrik mana yang digunakan Google? Saya tidak tau pasti, tapi saya rasa semakin banyak metrik yang digunakan oleh Google, maka hasil pencarian mereka akan semakin akurat.

Oh iya, mungkin banyak yang bertanya-tanya. Google adalah perusahaan raksasa, kenapa mereka tidak mengembangkan metrik baru yang lebih canggih saja? Jawabannya sederhana, mungkin Google hanya ingin fokus pada layanan mereka dan membiarkan perusahaan seperti MOZ dan MajesticSEO yang menangani metrik untuk mengukur kualitas website.

MajesticSEO

Berbeda dengan Google PageRank yang terkenal mudah ‘ditipu’, metrik dari MOZ dan MajesticSEO di update setiap beberapa menit dan jauh lebih akurat dari PageRank yang diupdate setiap beberapa bulan saja.

Sekarang saya akan jelaskan perbedaan CF dengan TF.

Citation Flow

CF adalah sebuah metrik yang didesain untuk memprediksi seberapa ‘dampak’ dari link (halaman) pada sebuah website dengan mempertimbangkan jumlah backlink yang mengarah pada link (halaman) tersebut. Metrik ini tidak memperdulikan kualitas dari backlink, jadi semakin banyak domain yang mengarah pada halaman, maka ‘dampak’-nya akan makin tinggi.

Semua faktor dalam TF merupakan faktor yang sama dalam CF. Tapi, perlu digaris bawahi. Jika TF meningkat, maka CF dipastikan akan meningkat. Namun, jika CF meningkat, tidak ada kepastian bahwa TF juga akan naik. Selain itu, tidak ada aturan bahwa CF akan sama nilainya dengan TF.

50K Backlink

Perlu dicatat pula bahwa ketika mendapat backlink dari beberapa website dengan CF yang tinggi, maka akan meningkatkan CF yang dimiliki website kita. Tapi, perhitungkan pula TF dari website tersebut. Karena, mendapat backlink dari website dengan CF yang tinggi namun TF yang rendah akan memberikan dampak buruk walau tetap meningkatkan CF.

Trust Flow

TF adalah sebuah metrik yang didesain untuk memutuskan seberapa terpercayakah sebuah link / halaman. Metrik ini didasarkan pada kualitas backlink yang mengarah pada website tersebut. Jika mendapat sebuah backlink dari website yang memiliki authority dan TF yang tinggi, maka TF dari website kita juga akan meningkat.

TF dari hampir semua website pastilah lebih kecil dari CF-nya. Kenapa?

Sebuah website, bisa saja memiliki 10.000 backlink, tapi tidak semuanya memiliki kualitas yang baik dan yang terpenting, tidak semua memiliki TRUST. Sekalipun sudah berhati-hati dalam menanam backlink, tapi pasti akan tetap ada low-quality backlink otomatis yang berasal dari direktori blog atau backlink lainnya.

Singkat kata, lebih kecil kemungkinan untuk mendapatkan backlink yang 100% high-quality saat ini. Karena itulah, TF tidak mungkin bisa lebih tinggi dari CF pada kasus umum.

High Quality Backlink

Fakta lainnya juga menunjukan adalah hubungan antara TF dari sebuah domain dengan jumlah organic traffic (trafik / pengunjung yang berasal dari mesin pencari). Kenapa hal ini bisa terjadi?

Sederhana, ketika sebuah website memiliki TF yang tinggi, maka sudah bisa dipastikan jika website tersebut memiliki high-quality backlink dalam jumlah yang mumpuni. High-quality backlink inilah yang membuat ranking website tersebut di Google meningkat dan pada akhirnya meningkatkan jumlah pengunjung dari mesin pencari.

Atau, singkatnya, TF yang tinggi adalah tanda jika sebuah website memiliki konten yang berkualitas untuk Google dan mesin pencari lainnya.

Rasio CF dan TF

Rasio diantara kedua metrik ini dipengaruhi dari kepercayaan website tersebut secara menyeluruh. Misalnya, jika CF : 40 dan TF : 20 maka rasionya adalah 2 : 1 atau 0.5. Angka rasio maksimal yang memungkinkan adalah 0.9. Mencapai rasio 1 adalah tidak mungkin. Rata-rata rasio CF dan TF dari sebuah website adalah 0.5.

Google memiliki suatu pengecualian untuk hal ini adalah rasionya adalah 98 : 99 (dan terus berubah).

Google TF CF

Nah, jika websitemu memiliki TF yang sangat jauh lebih rendah dari CF, maka sudah sangat jelas backlink yang ditanam selama ini adalah low-quality backlink dalam jumlah yang sangat banyak.

Bagaimana mengecek TF dan CF dari sebuah website?

Cukup menuju website MajesticSEO, masukan domain dan click search. Sebenarnya layanan ini gratis namun dibatasi hanya bisa mengecek beberapa website saja sehari.

Solusinya adalah dengan melakukan registrasi, itupun masih dibatasi. Jika ingin tidak terbatas, user harus membayar sejumlah biaya untuk keanggotaan di MajesticSEO.

Bagaimana meningkatkan Citation Flow dan Trust Flow?

  1. Meningkatkan TF jauh lebih penting. Untuk memperbaiki kualitas website di mata mesin pencari, TF-lah yang harus ditingkatkan. Karena itu pula, meningkatkan CF adalah percuma, pada akhirnya jika TF meningkat maka CF pun akan naik. Dengan kata lain, Kualitas menang atas Kuantitas.
  2. Jika ada 1000 backlink vs 1 authority backlink, sudah jelas authority backlink adalah pemenangnya. Jadi, jangan buang waktu, tenaga dan biaya untuk mencari backlink dalam jumlah ribuan.
  3. Guest Post di Blog Auhority adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan authority backlink secara gratis. Namun, harus diperhatikan juga rasio backlinknya jika website masih baru.
  4. MajesticSEO memiliki algoritma bernama Topical Trust Score, dengan kata lain, authority backlink yang menuju sebuah website juga seharusnya berasal dari website dengan topik atau niche yang sama.
  5. Domain .GOV dan .EDU masih merupakan sumber authority backlink yang baik, tapi harap perhatikan juga TF dari website dengan domain .GOV dan .EDU tersebut.
  6. No-Follow Backlink akan mampu meningkatkan CF dari sebuah situs namun tidak untuk TF-nya.

Oke, sekian penjelasan singkat saya mengenai CF dan TF. Mungkin masih banyak kekurangan dan ada yang salah, jadi tolong bantu dikoreksi. Metrik ini mungkin masih tergolong baru dikenal, tapi melihat dari keakuratannya, saya pribadi yakin bahwa metrik ini akan digunakan oleh Google dalam jangka waktu cukup lama.

Karena itu, mulai sekarang, investasikan lebih banyak waktu, tenaga dan biaya untuk mencari satu authority backlink daripada 10.000 backlink dalam waktu singkat. Oke?

Related Incoming Search Term:

  • Makasih bro, jarang ngeblog/online belakangan. Iseng jalan2 eh nyantol kesini. Saya hanya bisa bilang anda seorang blogger sejati… salut mas. Salam jabat erat dari saya.

  • Pingback: Prediksi Trend SEO 2016()

  • cara meningkatkan CT dan TF berarti tinggal nyari backlink ke website sebanyak banyaknya? ada kalimat tidak melihat kualitas backlink…

    • Untuk meningkatkan Citation Flow, Ya. Kualitas dari backlink tidak diperdulikan, karena semakin banyak mention dari web lain maka CF akan makin tinggi.

      Sayangnya, Trust Flow sangat memperhatikan kualitas backlink. Justru jika memberikan backlink sebanyak-banyaknya, TF tidak akan bisa meningkat dan justru menurun jika kualitas dari backlink dianggap sekelas spam.

  • Waduwh, setelah saya cek, TF blog saya masih 0

    • Setelah Google melakukan reset PR beberapa waktu lalu, TF dan CF menjadi semakin diperhitungkan. Bisa dicoba cara-cara diatas untuk meningkatkan TF

  • Untuk bisa mendapatkan Autorithy Backlink bagaimana Kang Ari?
    Ma’lum saya pemula masih ngga ngerti

    • Authority Backlink adalah backlink yang didapat dari web/blog dengan Domain Authority dan Page Authority yang cukup tinggi. Salah satu cara termudahnya adalah ikut menulis (menjadi penulis tamu) di web/blog tersebut. Atau jika memiliki dana lebih, bisa memakai jasa backlink.

  • saya habis cek TF 0 CF 15. apa bedanya dengan DA dan PA nya seomoz kang?

    • Keduanya adalah parameter yang berbeda. DA mengecek backlink yang mengarah ke root domain sementara PA mengecek backlink ke arah page. Sementara TF mengindikasikan kualitas backlink ke root domain dan CF mengindikasi jumlah backlink ke root domain. CMIIW

  • baru tau saya, terima kasih atas informasinya.

    saatnya berburu backlink

  • khalil

    makasih ilmunya mas ari,
    saya baru coba belajar SEO, jadi semangat lagi setelah liat artikelnya, sangat bermanfaat…

  • kalau untuk menaikan CF apakah anda tahu?

    • Cara untuk menaikan CF cukup dengan memberikan backlink dalam jumlah besar (banyak) ke blog/web, tapi hal itu bisa berdampak pada TF dari blog/web tersebut.

  • masih blem ngudeng gan. tapi terima kasih infonya.

  • mas kalo backlink yang dibikin pake software GSA SER gmna kualitasnya ?

    • Kualitasnya bisa dibilang “tidak terjamin”, bisa digunakan untuk meningkatkan CF tapi sangat tidak disarankan jika ingin menaikan TF.

  • Punya Saya TF 16 CF 22 kira-kira udah bagus belum mas Ari ?

    • Sudah termasuk bagus, kalau bisa terus ditingkatkan :)

  • ok pak, ane sekarang mudeng

  • Bagus mas artikelnya, saya mau tanya mas, kalau ngecek TF CF di majestic, yg bener root domain atau URL? karena saya coba tes, hasilnya beda2..

    Terima kasih…

    • Yap, memang hasilnya berbeda antara root domain dan URL. Saya pribadi kurang tau mana yang lebih berpengaruh antara TF dan CF di root domain atau pada URL. Tapi, biasanya TF dan CF pada URL lebih tinggi, karena backlink biasanya ditanam pada URL.

      • akhbar

        oke mas, thx responnya..

  • Saya coba cek dengan majestic SEO Tools Trust Flow 4 Citation Flow 16. kira-kira dengan metrik tersebut sudah bagus tidak ya mas ari?? Nah, jika di cek di Seo Moz DA 19 PA 31. Apakah perbedaan Trust Flow / Citation Flow dan DA/PA ?? Mohon pencerahannya mas.

    Misal ada teknik untuk meningkatkanTrust Flow cara terbaik dengan metode apa ya?? terimakasih mas jika sudi menjawab. Salam kenal

    • Salam kenal juga,

      Metrik tersebut bagi saya pribadi sudah cukup bagus. Perbedaan antara TF/CF dengan DA/PA adalah TF/CF mengindikasikan kualitas & kuantitas backlink dari sebuah web/page sementara DA/PA mengindikasikan seberapa baik domain/web terindex di mesin pencari.

      Metode yang paling disarankan adalah tetap mendapatkan backlink, namun dari situs authority. Situs authority disini adalah situs yang sering menjadi referensi untuk sebuah topik dan menguasai topik tersebut. Misalnya untuk topik seputar teknologi, ada techcrunch.com. Backlink dari situs .gov dan .edu juga masih sangat diperhitungkan asalkan situs tersebut tidak/belum dijadikan ladang spam oleh banyak orang.

  • mas, kira kira seperti apa backlink yang No-Follow? dan yang Follow itu gimana ya? mohon penjelasa. Hatur nuhun

    • Secara sederhana, backlink no-follow biasanya memiliki atribut “rel=nofollow” pada linknya, sementara do-follow menggunakan “rel=dofollow”. Backlink no-follow tidak akan banyak mempengaruhi target kemana linknya mengarah, sementara do-follow memiliki pengaruh lebih besar.

      • Mas ari kalau ga pakai rel nofollow atau sebaliknya itu gmn ya efeknya? Tolong jawab ya mas

        • Jika tidak memakai rel=nofollow biasanya rata-rata link secara otomatis menjadi do-follow. Tidak ada efeknya selama jumlah link dalam satu page tidak terlalu banyak. Saya tidak tau jumlah tepatnya, tapi jika link terlalu banyak pada satu page berpotensi membuat Google membuat page tersebut sebagai spam.

  • Thanks master… web saya baru 10 hari dan TF score 19 dan CF 23. Ini mengindasikan kualitas backlink harus di tingkatkan ya dari domain authority atau gmn hehe. Makasih sekali lagi infonya salam kenal dari saya owner di bisnis tautan. Sukses dan sehat selalu buat mas ari….

    • Salam kenal juga. Angka tersebut sudah termasuk sangat-sangat baik untuk web baru. Tapi, perlu diperhatikan tentang jumlah backlinknya. Karena web baru harusnya tidak memiliki banyak backlink terlebih dahulu.

  • keren sangat bermanfaat gan

  • terimakasih atas penjelasannya.
    sangat bermanfaat.

    web ane yang ringgarentcar.com memiliki TF yang jauh lebih rendah, baru tau kalau backlink ane selama ini sangat buruk.

    semoga TS nya di beri rejeki yang lebih

  • Terima kasih atas infonya, TF website saya sekarang ini masih 0, dengan informasi dari agan semogan TF website saya bisa bertambah. Salam SEO

  • perlu backlink edu kalau mau naikan TF ea gan

    • Salah satu cara terbaiknya memang mendapat backlink edu dan gov

      • Kurniawan Zaini

        mohon share mas Ari, kalau ada edu maupun gov yang bisa kita tambahkan link website kita secara free. Saya saat ini ditugaskan kampus kita untuk selalu berjuang meningkatkan peringkat-peringkat website.

        • Logikanya seperti ini, jika memang bisa ditambahkan secara free, maka kemungkinan sudah banyak yang memanfaatkannya dan justru mendapatkan link dari situs tersebut justru berdampak buruk.

          Jadi, pilihan terbaiknya adalah memuat informasi yang memang bermanfaat sehingga bisa direferensikan secara sukarela oleh admin situs dot edu dan dot gov. Pilihan lainnya, adalah menghubungi mereka secara personal untuk mendapat referensi link.

  • terimakasi banyak informasinya. Memang mencari backlink TF seperti mencari berlian. hehe
    kebanyakan yang dibangun untuk backlink hanya asal saja tanpa memperhatikan TF. Jujur saya juga baru tau dan ingin belajar lebih dalam tentang TF ini. Terimaksih banyak sudah memberikan informasi yang penting.

  • wahh, ini ilmu yang langka mas.. saya perlu banyak blajar teknik SEO sperti ini yg sangat luas ya ternyata.. mkasih mas Arif sharingnya..

  • Zaenal Mutakin

    mas Ari ukuran bagus dan tidaknya TF dan CF sebuah website di angka berapa ya? makasih sebelumnya, bagus tulisannya. jadi lebih paham.

    • Saya pribadi sulit mendefinisikan kategori “bagus” untuk TF dan CF. Tapi, karena keduanya saling berhubungan, banyak pengiklan biasanya meminta ratio antara TF dan CF minimal 0.6, yang artinya TF dibagi dengan CF harus 0.6 atau diatasnya. Tapi, saya juga pernah melihat beberapa pengiklan meminta angka minimal TF dan CF antara 11 hingga 15 poin.

      Semoga bisa membantu

  • Qhe Falkhi

    Wah, TF saya masih nol nih, perlu berusaha keras agar ada nilainya. trims sharingnya

Tips Rumah Dijual Mudah dan Cepat Laku
Tips Sewa Apartemen Dengan Untung Besar
Mengajarkan Anak tentang Keuangan Sejak Dini
Cara Menghilangkan Noda Cokelat di Pakaian
Asal Mula Budaya Minum Teh di Inggris dan Indonesia
Peluang Usaha Modal Kecil ini Hasilkan Untung Besar
Manfaat Yoghurt Heavenly Blush untuk Kesehatan
Alasan Kenapa Go-Jek Akan Sukses di Bali
Vainglory 2017
Kesan Bermain For Honor Beta
Skyblivion, Pengalaman Oblivion Bertemu Grafis Skyrim
Kesan Bermain Orwell
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron
VG Lore : Ozo
VG Lore : Joule