Apa Itu Citation Flow dan Trust Flow?

Sebelum mulai, kita akan sepakati satu hal terlebih dahulu. Saya akan menyingkat Citation Flow menjadi CF dan Trust Flow menjadi TF agar lebih mudah dalam penulisannya, oke?

Kisah mengenai CF dan TF dimulai saat Google menghentikan update dari Google PageRank, sebuah sistem perankingan website yang digunakan oleh Google selama ini. Update terakhir dari Google PageRank ini adalah pada tahun 2013 dan banyak sekali spekulasi berkembang mengenai hal tersebut.

Oke, kita anggap saja Google telah berhenti menggunakan Google PageRank sebagai metrik mengukur kualitas sebuah website. Tapi, bagaimana pun Google tentu tetap memerlukan metrik untuk mengukur kualitas sebuah website bukan? Secara dia merupakan sebuah mesin pencari yang harus menampilan website terbaik di peringkat teratas.

Google PageRank is Dead

Sejak 2013, bermunculan berbagai metrik baru untuk mengukur kualitas sebuah website, yang paling terkenal hingga saat ini adalah Domain Authority (DA) dan juga Page Authority (PA). Metrik ini dianggap oleh banyak blogger dan webmaster adalah metrik yang digunakan juga oleh Google.

Belakangan ini, muncul juga metrik baru yaitu Citation Flow dan Trust Flow. Lalu, metrik mana yang digunakan Google? Saya tidak tau pasti, tapi saya rasa semakin banyak metrik yang digunakan oleh Google, maka hasil pencarian mereka akan semakin akurat.

Oh iya, mungkin banyak yang bertanya-tanya. Google adalah perusahaan raksasa, kenapa mereka tidak mengembangkan metrik baru yang lebih canggih saja? Jawabannya sederhana, mungkin Google hanya ingin fokus pada layanan mereka dan membiarkan perusahaan seperti MOZ dan MajesticSEO yang menangani metrik untuk mengukur kualitas website.

MajesticSEO

Berbeda dengan Google PageRank yang terkenal mudah ‘ditipu’, metrik dari MOZ dan MajesticSEO di update setiap beberapa menit dan jauh lebih akurat dari PageRank yang diupdate setiap beberapa bulan saja.

Sekarang saya akan jelaskan perbedaan CF dengan TF.

Citation Flow

CF adalah sebuah metrik yang didesain untuk memprediksi seberapa ‘dampak’ dari link (halaman) pada sebuah website dengan mempertimbangkan jumlah backlink yang mengarah pada link (halaman) tersebut. Metrik ini tidak memperdulikan kualitas dari backlink, jadi semakin banyak domain yang mengarah pada halaman, maka ‘dampak’-nya akan makin tinggi.

Semua faktor dalam TF merupakan faktor yang sama dalam CF. Tapi, perlu digaris bawahi. Jika TF meningkat, maka CF dipastikan akan meningkat. Namun, jika CF meningkat, tidak ada kepastian bahwa TF juga akan naik. Selain itu, tidak ada aturan bahwa CF akan sama nilainya dengan TF.

50K Backlink

Perlu dicatat pula bahwa ketika mendapat backlink dari beberapa website dengan CF yang tinggi, maka akan meningkatkan CF yang dimiliki website kita. Tapi, perhitungkan pula TF dari website tersebut. Karena, mendapat backlink dari website dengan CF yang tinggi namun TF yang rendah akan memberikan dampak buruk walau tetap meningkatkan CF.

Trust Flow

TF adalah sebuah metrik yang didesain untuk memutuskan seberapa terpercayakah sebuah link / halaman. Metrik ini didasarkan pada kualitas backlink yang mengarah pada website tersebut. Jika mendapat sebuah backlink dari website yang memiliki authority dan TF yang tinggi, maka TF dari website kita juga akan meningkat.

TF dari hampir semua website pastilah lebih kecil dari CF-nya. Kenapa?

Sebuah website, bisa saja memiliki 10.000 backlink, tapi tidak semuanya memiliki kualitas yang baik dan yang terpenting, tidak semua memiliki TRUST. Sekalipun sudah berhati-hati dalam menanam backlink, tapi pasti akan tetap ada low-quality backlink otomatis yang berasal dari direktori blog atau backlink lainnya.

Singkat kata, lebih kecil kemungkinan untuk mendapatkan backlink yang 100% high-quality saat ini. Karena itulah, TF tidak mungkin bisa lebih tinggi dari CF pada kasus umum.

High Quality Backlink

Fakta lainnya juga menunjukan adalah hubungan antara TF dari sebuah domain dengan jumlah organic traffic (trafik / pengunjung yang berasal dari mesin pencari). Kenapa hal ini bisa terjadi?

Sederhana, ketika sebuah website memiliki TF yang tinggi, maka sudah bisa dipastikan jika website tersebut memiliki high-quality backlink dalam jumlah yang mumpuni. High-quality backlink inilah yang membuat ranking website tersebut di Google meningkat dan pada akhirnya meningkatkan jumlah pengunjung dari mesin pencari.

Atau, singkatnya, TF yang tinggi adalah tanda jika sebuah website memiliki konten yang berkualitas untuk Google dan mesin pencari lainnya.

Rasio CF dan TF

Rasio diantara kedua metrik ini dipengaruhi dari kepercayaan website tersebut secara menyeluruh. Misalnya, jika CF : 40 dan TF : 20 maka rasionya adalah 2 : 1 atau 0.5. Angka rasio maksimal yang memungkinkan adalah 0.9. Mencapai rasio 1 adalah tidak mungkin. Rata-rata rasio CF dan TF dari sebuah website adalah 0.5.

Google memiliki suatu pengecualian untuk hal ini adalah rasionya adalah 98 : 99 (dan terus berubah).

Google TF CF

Nah, jika websitemu memiliki TF yang sangat jauh lebih rendah dari CF, maka sudah sangat jelas backlink yang ditanam selama ini adalah low-quality backlink dalam jumlah yang sangat banyak.

Bagaimana mengecek TF dan CF dari sebuah website?

Cukup menuju website MajesticSEO, masukan domain dan click search. Sebenarnya layanan ini gratis namun dibatasi hanya bisa mengecek beberapa website saja sehari.

Solusinya adalah dengan melakukan registrasi, itupun masih dibatasi. Jika ingin tidak terbatas, user harus membayar sejumlah biaya untuk keanggotaan di MajesticSEO.

Bagaimana meningkatkan Citation Flow dan Trust Flow?

  1. Meningkatkan TF jauh lebih penting. Untuk memperbaiki kualitas website di mata mesin pencari, TF-lah yang harus ditingkatkan. Karena itu pula, meningkatkan CF adalah percuma, pada akhirnya jika TF meningkat maka CF pun akan naik. Dengan kata lain, Kualitas menang atas Kuantitas.
  2. Jika ada 1000 backlink vs 1 authority backlink, sudah jelas authority backlink adalah pemenangnya. Jadi, jangan buang waktu, tenaga dan biaya untuk mencari backlink dalam jumlah ribuan.
  3. Guest Post di Blog Auhority adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan authority backlink secara gratis. Namun, harus diperhatikan juga rasio backlinknya jika website masih baru.
  4. MajesticSEO memiliki algoritma bernama Topical Trust Score, dengan kata lain, authority backlink yang menuju sebuah website juga seharusnya berasal dari website dengan topik atau niche yang sama.
  5. Domain .GOV dan .EDU masih merupakan sumber authority backlink yang baik, tapi harap perhatikan juga TF dari website dengan domain .GOV dan .EDU tersebut.
  6. No-Follow Backlink akan mampu meningkatkan CF dari sebuah situs namun tidak untuk TF-nya.

Oke, sekian penjelasan singkat saya mengenai CF dan TF. Mungkin masih banyak kekurangan dan ada yang salah, jadi tolong bantu dikoreksi. Metrik ini mungkin masih tergolong baru dikenal, tapi melihat dari keakuratannya, saya pribadi yakin bahwa metrik ini akan digunakan oleh Google dalam jangka waktu cukup lama.

Karena itu, mulai sekarang, investasikan lebih banyak waktu, tenaga dan biaya untuk mencari satu authority backlink daripada 10.000 backlink dalam waktu singkat. Oke?

Related Incoming Search Term: