How to

Aneka Kue Tradisional Indonesia yang Bisa Dibuat Tanpa Oven

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya tersendiri. setiap makanan khususnya kue tradisional tentu memiliki cita rasa khas yang tidak bisa ditemui di daerah lain. Karena jenis dan rasanya yang beraneka ragam, masih banyak orang yang gemar dengan kue tradisional ini. penjual kue – kue tradisional sangat mudah ditemukan. Mereka biasanya berjualan di pinggir jalan besar, dan juga sering ditemui di pasar – pasar tradisional di setiap daerah.

Bahan pembuatan kue tradisional sangat mudah dicari. Bahan yang digunakan untuk membuatnya seperti tepung terigu, tepung beras, dan juga santan kelapa bisa ditemukan dengan harga murah. Untuk tepung terigu dan tepung beras, kita bisa menemukannya di toko kue atau di swalayan dengan merek dan harga yang berbeda. Jika memerlukan santan kelapa kita bisa membuatnya sendiri dirumah, atau jika tidak ingin repot, sudah ada santan kelapa cair berbentuk kemasan yang dijual di toko swalayan maupun di pasar tradisional. Dengan begitu selain kita dapat membeli kue di para pedagang, kita juga bisa membuatnya sendiri dirumah dan tentunya dapat menghasilkan cita rasa yang berbeda.

Kita juga bisa menemukan berbagai resep yang tersedia di internet. Kita bisa mencari seputar resep kue tanpa oven di internet, lalu mengikuti langkah – langkah yang sudah dijelaskan. Sebagian besar kue tradisional khususnya kue basah cukup dibuat hanya dengan menggunakan kukusan, sehingga kita tidak perlu khawatir dengan alat – alat yang tersedia dirumah.

Berikut ini adalah berbagai macam contoh kue tradisional yang bisa dibuat tanpa menggunakan oven,  selain enak juga mudah untuk dibuat dirumah;

Kue Talam

Kue talam adalah kue gurih dan manis yang berbentuk mungil. Bahan utama kue ini adalah tepung beras, tepung sagu dan juga santan, bisa juga ditambahkan pandan untuk memberikan aroma harum. Kue talam biasanya menggunakan cetakan untuk adonan yang sudah jadi, tetapi jika kita tidak memiliki cetakan, kita bisa menggunakan Loyang kue kemudian ketika adonan sudah padat kita bisa memotongnya kecil – kecil. Kue talam termasuk kue tradisional yang bisa dibuat tanpa oven dan mudah untuk dibuat dirumah.

Klepon

Klepon adalah jajanan yang sangat diminati di kalangan masyarakat. Jajanan ini sangat mudah ditemukan di toko kue maupun penjual di pasar tradisional. Klepon terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras. Uniknya klepon yang berbentuk bulat seperti bola itu, memiliki isi gula merah di dalamnya. Cara penyajian biasanya klepon disajikan dengan taburan parutan kelapa diatasnya untuk menambahkan rasa gurih dari klepon tersebut. Untuk resep kue tradisional tanpa oven, klepon adalah pilihan yang tepat karena membuatnya hanya membutuhkan kukusan.

Kue Apem

Kue apem merupakan jenis kue tradisional Indonesia yang digemari oleh banyak orang karena rasa manisnya yang pas. Kue ini memiliki berbagai macam warna yang menarik minat pembeli. Bahan utama kue ini adalah tepung beras, tape ketan atau ragi instant, dan juga gula sebagai pemanis. kue ini dibuat dengan cara dikukus, namun sebelum dikukus adonan yang sudah dibuat harus didiamkan selama kurang lebih satu jam, agar adonan tersebut mengembang dan siap untuk dikukus.

Kue Nagasari

kue nagasari adalah kue yang berbentuk unik karena dibungkus menggunakan daun pisang. Kue ini memiliki cita rasa yang manis dan enak, ditambah dengan aroma harum dari daun pisang sebagai bungkusnya. Bahan utama kue nagasari adalah tepung beras, santan kelapa dan juga gula pasir yang digunakan untuk pemanis kue. bisa juga ditambahkan vanili bubuk dan daun pandan untuk menambahkan rasa dan aroma harum ke dalam kue. kue ini biasanya dijual pagi hari di pasar tradisional, enak disajikan dengan teh maupun kopi hangat.

Dadar Gulung

Kue dadar gulung merupakan kue basah yang paling di gemari. Kue ini memiliki rasa manis yang pas dengan isi gula kelapa di dalamnya. Biasanya kue ini memiliki warna hijau di kulitnya, tetapi ada juga yang berwarna lain sesuai dengan warna makanan yang digunakan. Kue ini memiliki dua bagian yaitu bagian kulit yang menggunakan campuran tepung terigu, telur dan juga pewarna makanan, dan bagian isi yang terdiri dari campuran kelapa parut dan gula merah. Kue ini sangat enak dimakan sebagai cemilan ketika berkumpul dengan keluarga.

Selain kue – kue yang sudah disebutkan diatas, masih banyak lagi resep kue yang bisa dibuat tanpa oven yang ada di Indonesia, khususnya kue tradisional yang tentu saja memiliki rasa khas yang tidak bisa ditemui di kue – kue lain.

Related Incoming Search Term:

Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Apple Pie Smoothie Bowl
Aneka Kue Tradisional Indonesia yang Bisa Dibuat Tanpa Oven
4 Minuman Teh Unik dari Seluruh Dunia
Kenapa Sulit Menolak Minuman Bersoda?
SAO II Sinon
SAO Wallpaper Kini Tersedia di CNET
Info Lomba Terbaru 1.0
Info Lomba Terbaru 1.0 Apk
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
Beyond Skyrim, Satu Lagi Bukti Skyrim Belum Mati
Mobile Legends vs Vainglory vs Arena of Valor
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron