EEAAA

4 Minuman Teh Unik dari Seluruh Dunia

Negara Tiongkok dianggap menjadi tanah kelahiran dari minuman teh. Rasa dan aromanya yang khas, begitu pula dengan khasiatnya membuat teh mudah tersebar bahkan hingga ke Eropa dan Afrika. Seiring berjalannya waktu, minuman teh berakulturasi dengan budaya dari masing-masing negara dan menyebabkan proses pembuatan teh menjadi unik dan berbeda.

Berikut ini adalah beberapa contoh minuman teh yang berakulturasi dengan masing-masing negara dan menciptakan sesuatu yang unik.

Maroko

Di negara Maroko, teh biasanya disajikan kepada tamu sebagai sebuah bentuk penghormatan. Minuman teh yang disajikan merupakan perpaduan antara teh hijau dengan daun mint, menciptakan sensasi minuman teh yang segar. Tapi, ada beberapa hal unik dalam tradisi minum teh di Maroko ini.

Pertama, teh dituangkan dari jarak yang cukup tinggi sehingga menyebabkan adanya buih di bagian atas. Kedua, setiap tamu disajikan tiga varian teh, dimana teh pertama berasa sangat manis, teh kedua berasa kuat sementara teh ketiga berasa sangat pahit, melambangkan manisnya kehidupan, kuatnya cinta dan pahitnya kematian.

Tibet

Tibet bukanlah negara dengan lingkungan yang ramah, dataran tinggi dan suhu yang tingin membuat minuman teh tradisional mereka memiliki ciri khas yang punya tujuan utama untuk menghangatkan diri. Teh yang digunakan oleh orang-orang di Tibet adalah teh hitam yang sudah ‘dimasak’ selama beberapa jam untuk mendapatkan rasa pahitnya.

Tepat sebelum disajikan, teh ini ditambahkan bahan yang cukup ganjil untuk minuman teh yaitu garam dan mentega yak untuk menghasilkan tekstur yang sangat unik dan tentu saja rasa yang sangat unik. Walau disebut sebagai ‘teh’, tapi minuman yang dikenal sebagai “Po Cha” di Tibet ini lebih mirip seperti sup.

Russia

Teh tradisional Russia berasal dari keadaan di masa lalu, dimana makanan dan minuman harus dibagi sama rata untuk bisa memenuhi kebutuhan sebanyak mungkin orang. Dari hal ini, muncullah ‘zavarka’, konsentrat teh yang dimasak di dalam wadah metal yang disebut ‘samovar’. Teh yang digunakan biasanya adalah teh hitam dengan rasa yang kuat.

Zavarka ini biasanya disajikan dalam wadah mug besar, tapi biasanya hanya diambil sedikit konsentrat dari wadah metal yang kemudian ditambahkan air panas lagi. Orang-orang Russia biasa meminumnya secara tawar, tapi bagi yang tidak terbiasa, akan disiapkan pula gula dan susu serta makanan ringan lainnya.

Argentina

Teh Yerba Mate atau yang lebih dikenal sebagai ma-tay adalah jenis minuman teh yang sangat menyehatkan. Tersebar di negara-negara Amerika Selatan, minuman ini juga dikenal oleh negara-negara lain seperti Portugal, Lebanon dan Suriah. Minuman ini tidak terbuat dari daun teh pada umumnya, melainkan dari daun yerba mate yang diseduh seperti teh hijau pada umumnya.

Bukan hanya daunnya saja yang unik, sarana minumnya pun bisa dikatakan unik yaitu menggunakan wadah dari tanah liat atau labu kering dan dinikmati dengan sedotan dari metal. Minuman ini bisa disajikan secara panas maupun dingin dan secara tradisional biasanya tidak menggunakan pemanis apapun, tapi anak-anak muda biasanya menambahkan madu atau gula sebagai pemanis.

Itulah beberapa minuman teh unik dari berbagai negara di seluruh dunia, sebenarnya masih banyak minuman teh unik lainnya, seperti contohnya Teh Tarik dari Malaysia dan teh hijau khas budaya minum teh di Jepang. Menunjukan bahwa perbedaan kebudayaan dan lingkungan bisa menghasilkan sesuatu yang berbeda dari akar yang sama.

Related Incoming Search Term:

Resep Membuat Kue Putri Salju
Cara Mengobati Flu dengan Cepat
Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Hati-Hati! 4 Penyakit Ini Ternyata Berbahaya Bagi Pengemudi Mobil
Selain Ilija Spasojevic, Ini 4 Pemain Sepakbola yang Tinggal Menuggu Jadi WNI
5 Momen Pertama yang Jangan Sampai Dilewatkan Sebagai Orangtua
Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron