Catatan

4 Custom ROM Terbaik untuk OnePlus One

OnePlus menghadirkan OnePlus One sebagai sebuah produk yang disebut sebagai “Flagship Killer”, dimana mereka menghadirkan produk dengan spesifikasi yang sangat mumpuni namun dibanderol dengan harga jauh lebih murah. Terlepas dari apa yang terjadi pada produk-produk OnePlus saat ini dan di masa mendatang, OnePlus One tetaplah sebuah masterpiece.

Tidak heran walau sudah cukup lama diluncurkan, masih banyak orang yang ‘menyayangi’ device yang satu ini, terbukti dari masih aktifnya komunitas untuk menghadirkan custom ROM untuk bacon (kode nama OnePlus One). Dan berikut ini adalah 4 custom ROM Terbaik untuk OnePlus One menurut saya :

Unofficial CyanogenMod 13.0 by SultanXDA

Dirilis pertama kali pada tahun 2015, custom ROM sudah ‘berakhir’ masa updatenya pada April 2017 lalu. Jadi, jika ada update yang berhubungan dengan security, custom ROM satu ini tidak akan mendapatkannya. Tapi, ada alasan saya menempatkannya di posisi paling atas.

Stabilitas! Itu adalah apa yang benar-benar ditawarkan oleh custom ROM satu ini. Walau tidak banyak menghadirkan kustomisasi untuk pengguna, tapi dibalik layar, custom ROM satu ini melakukan banyak hal, mulai dari sedikit menurunkan performa CPU demi menghemat baterai, menghapus bloatware yang tidak diperlukan hingga meningkatkan akurasi pembacaan daya baterai.

Software kamera juga medapat perhatian penuh dari custom ROM ini. Jika dipadukan dengan beberapa mod yang tepat, custom ROM ini bisa membuat OnePlus One setara dengan smartphone satu hingga dua generasi diatasnya.

Update : SultanXDA sudah merilis LineageOS 14.1 hasil racikannya, sangat disarankan untuk menggunakan custom ROM tersebut dibanding custom ROM ini. Selengkapnya cek disini.

RESURRECTION REMIX

Resurrection Remix (RR) merupakan salah satu custom ROM paling ‘matang’ dalam list ini, selain untuk OnePlus One, mereka juga banyak membuat custom ROM pada perangkat lain. Poin utama dari RR secara umum adalah stabilitas dan kustomisasi yang ditawarkannya.

Beberapa pengguna OnePlus One mengeluhkan bahwa custom ROM yang satu ini menyebabkan bootloop saat di install, crash saat digunakan atau isu pada daya tahan baterainya. Tapi, disisi lain, banyak pula yang melaporkan kenyamanan dan kustomisasi luar biasa yang didapatkannya dari custom ROM satu ini.

Sampai artikel ini ditulis, tim RR masih mendukung OnePlus One sebagai salah satu official device mereka dan masih mendapat update melalui OTA. Ini merupakan salah satu kekuatan RR, yaitu mereka memiliki dedicated server sendiri dimana penggunanya tidak perlu repot-repot melakukan update via recovery mode.

AospExtended ROM

Custom ROM satu ini melakukan apa yang disebut cherry-picking dari custom ROM lainnya. Developernya mengambil bagian-bagian terbaik dari custom ROM lainnya dan menggabungkannya dalam satu custom ROM yang memiliki stabilitas, perfoma dan kustomisasi yang baik.

Walau terbilang baru untuk device OnePlus One dibanding custom ROM lainnya, tapi AEX memenuhi janjinya sebagai custom ROM yang bisa menghadirkan stabilitas dan fitur-fitur pilihan yang diperlukan oleh pengguna. Sayangnya, kelemahan dari AEX adalah kecilnya ukuran tim mereka sehingga setiap bug tidak bisa ditanggulangi dengan cepat.

Tapi, jika bisa menerima sebuah custom ROM yang baik tapi sedikit buggy yang tidak terlalu menganggu penggunaan sehari-hari, AEX bisa jadi piilihan.

idprophecy’s unofficial optimized LineageOS 14.1

Kematian CyanogenMod menghidupkan LineageOS, tapi LineageOS bukanlah sebuah ROM tanpa celah. Banyak celah yang bisa dioptimasi pada ROM tersebut. Disanalah custom ROM satu ini melakukan pekerjaannya. Di depan layar, tidak banyak perubahan yang dilakukan. Tapi, dibelakang layar, banyak hal terjadi. Custom ROM ini bahkan beberapa kali lebih dahulu menerapkan update terbaru pada kode-kodenya dibanding LineageOS.

Sayangnya, selain hal tersebut, hampir tidak ada lagi yang dilakukan custom ROM satu ini. Hanya fokus pada performa dan kecepatan yang dihadirkan, tanpa merambah sektor lainnya seperti kamera. Tapi, kesederhaannya membuat custom ROM satu ini disukai dan cocok bagi mereka yang menggunakan OnePlus One hanya untuk keseharian dan hanya perlu sebuah custom ROM yang stabil dan cepat.

Nah, itulah 4 custom ROM terbaik untuk OnePlus One menurut saya. Custom ROM di satu sisi adalah lambang dari ‘pemberontakan’ para pengguna pada pabrikan, dimana sebuah produk bisa mencapai sesuatu yang lebih tinggi dibanding apa yang ditawarkan pabrikan. Di satu sisi, custom ROM adalah sesuatu yang tidak pasti dan tanpa jaminan, hanya berlandaskan kepercayaan. So, flash at your own risk!

Related Incoming Search Term:

Ingin Memiliki Mobil Sebelum Usia 30 Tahun? Tentu Saja Bisa!
Cara Terbaik Merekam Game di Android
Apple Pie Smoothie Bowl
Aneka Kue Tradisional Indonesia yang Bisa Dibuat Tanpa Oven
Inilah Komponen pada Kulkas dan Fungsi Tiap Bagiannya
4 Minuman Teh Unik dari Seluruh Dunia
Kenapa Sulit Menolak Minuman Bersoda?
SAO II Sinon
SAO Wallpaper Kini Tersedia di CNET
Loadout : Kenangan dan Kesalahan Sebuah Game Free-to-Play
Review LIT High Performance In-ear Earphone dari SOUL
Kesan Bermain Tyranny
Review HP Gaming Headset H300
VG Lore : Petal
VG Lore : Flicker
VG Lore : The Rise of the Star Queen
VG Lore : Baron